Jumat, 07 April 2023

Memilih Masjid yang Lebih Jauh dari Rumah karena Nyaman Ibadah

[ Memilih Masjid yang Lebih Jauh dari Rumah karena Nyaman Ibadah ]

Begini saja harusnya kita berani katakan dengan tegas, BOLEH. Tanpa harus menukil fatwa dsb. Karena ini jelas di luar rangkaian ibadah itu sendiri dan terkait soal kenyamanan beribadah. Tapi untuk lebih yakin, yuk kita lihat jawaban di Islamweb. 

فلا حرج على الإنسان إذا صلى في مسجد قريب من داره أو صلى في مسجد بعيد عنه، فالمساجد كلها بيوت الله وكونك تريد الذهاب إلى المسجد الأبعد لكون إمامه يطيل القراءة في صلاة التراويح ولكونك تأمن هناك من جلبة الأطفال الصغار وتشويشهم على المصلين، كل ذلك لا حرج فيه؛ بل هو من المقاصد الحسنة

"Tidak masalah seseorang shalat di masjid yang dekat ataupun jauh dengan tempat tinggalnya. Karena semua masjid itu adalah rumah-rumah Allah. Seandainya engkau ingin pergi ke masjid yang lebih jauh karena faktor imamnya lebih panjang bacaannya dalam shalat tarawih, atau karena lebih aman dari gangguan anak-anak kecil yang membuat waswas dan mengganggu kekhusyukan jamaah shalat, kesemua faktor tersebut tidaklah mengapa bahkan itulah maksud baik (yang hendaknya didapatkan dalam ibadah, yaitu khusyuk, tenang -pen)"
Ustadz yhouga pratama