Selasa, 25 April 2023

Ajarilah anak-anak kalian ilmu tauhid dan sunnah, sebelum ilmu tajwid dan ghunnah,.Betapa banyak orang yang mahir tentang Al Quran, tapi jahil tentang hakikat iman

#NASEHAT_PENTING

Ada seorang ikhwah جزاه الله خيرا menuliskan nasehat kepada para orangtua, melihat realita akhir-akhir ini :

علموا أبنائكم علم التوحيد والسنّة قبل علم التجويد والغنّة.
فكم من ماهر في القرآن جاهل لحقيقة الإيمان.
وكم ممن معه في التجويد سند ولكنه لا يعرف حقيقة الرحمن على العرش استوى وقل هو الله أحد.

"Ajarilah anak-anak kalian ilmu tauhid dan sunnah, sebelum ilmu tajwid dan ghunnah,.
Betapa banyak orang yang mahir tentang Al Quran, tapi jahil tentang hakikat iman,.
Betapa banyak orang ahli tajwid memiliki sanad, tapi tidak mengerti hakikat -Ar Rahman beristiwa di atas Arsy dan Allah Maha Esa [Ahad]-,."

Nasehat demikian bukan untuk meninggalkan belajar dan mengajarkan Al Quran, bahkan sumber Tauhid dan Iman adalah Al Quran. tetapi ini adalah penekanan dan prioritas utama untuk menanamkan nilai-nilai prinsip Tauhid dan Iman kepada anak-anak, sehingga ketika membaca dan menghafal Al Quran akan semakin kokoh Tauhid dan Imannya, serta semakin yakin akan janji-janji Allah bagi orang yang beriman.

Diriwayatkan Ibnu Majah dalam Sunannya :

عَنْ جُنْدُبِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ فِتْيَانٌ حَزَاوِرَةٌ فَتَعَلَّمْنَا الْإِيمَانَ قَبْلَ أَنْ نَتَعَلَّمَ الْقُرْآنَ ثُمَّ تَعَلَّمْنَا الْقُرْآنَ فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا

Dari Jundub bin Abdullah ia berkata; "Ketika kami bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam, pada saat itu kami merupakan sosok pemuda-pemuda yang kuat. Kami belajar iman sebelum mempelajari Al Qur'an, kemudian kami mempelajari Al Qur'an, maka dengan begitu bertambahlah keimanan kami". (HR. Ibnu Majah, -Shahih-).

Maka jangan sampai semangat belajar tajwid dan memburu sanad Qira'ah mengesampingkan belajar Tauhid atau bahkan tidak lagi perhatian dengan Manhaj,.

وفق الله الجميع لكل خير وجعلنا وأولادنا من حملة القرآن،.
Ustadz alif el qibty