Kamis, 26 Desember 2019

SYAIKH JAMILURRAHMAN AS SALAFI

SYAIKH JAMILURRAHMAN AS SALAFI

Beliau adalah seorang ulama dan mujahid yang berasal dari Kunar, Afghanistan. Kunar adalah propinsi di Afghanistan yang berbatasan langsung dengan Pakistan.

Ketika Komunis Soviet mencaplok Afghanistan, beliau dan para mujahid salafiyin angkat senjata berjuang untuk mengusir anjing anjing komunis dari bumi Afghan.

Dengan keutamaan dari Allah kemudian karena kegigihan para mujahidin salafiyin, di tahun 1988 Soviet bisa diusir dari Kunar. 

Syaikh Jamilurrahman bersama para ulama dan mujahidin kemudian mendirikan Imarah Kunar yang menjadikan Al Quran dan Assunnah sebagai landasan negara mereka.

Pemerintahan Syaikh Jamil kemudian berusaha menegakkan tauhid dengan meratakan kuburan kuburan keramat yang merupakan sumber kesyirikan yang ketika itu memang banyak sekali tersebar di Afghanistan.

Tahun 1991, pasukan gabungan Afghanistan yang dipimpin oleh Gulbuddin (Qalbuddin) Hekmatyar menyerang pusat pemerintahan Imarah Kunar di Asadabad. Kantor pemerintahan Syaikh Jamil dihancurleburkan dengan rudal Scud dan pasukan Hekmatyar pun membantai banyak mujahidin Kunar.

Di saat serangan itu Syaikh Jamilurrahman berhasil menyelamatkan diri dengan menyeberang ke Pakistan. Namun qaddarallah, di Peshawar, beliau ditembak oleh seorang berkebangsaan Mesir. Tidak jelas siapa yang memerintahkan pembunuhan tersebut karena si pembunuh langsung bunuh diri untuk menghindari interogasi.
Ustadz Wira bachrun