Jumat, 13 Desember 2019

Bicara Tentang Cinta

❤ Bicara Tentang Cinta❤

• Katanya, cinta itu pengorbanan.
Sehingga, tak jarang seorang pecinta merayu pasangannya dengan gombal manis dibibir, tapi itu semua hanya omong kosong belaka, tak ada bukti sama sekali, "Gunung kan ku daki...lautan kan ku sebrangi" itu katanya.

Lihatlah Ahmad bin Hanbal...
Sosok pecinta yang membuktikan bukti cintanya...
Sosok pecinta yang membuktikan bahwa cinta itu pengorbanan.

Ia keluar menuntut ilmu dari BAGHDAD menuju YAMAN dengan BERJALAN KAKI.
Sekitar 2,017 KM ia berjalan untuk berjumpa dengan Al Imam Abdurrazzaq Ash Shan'ani, guna mengambil ilmu dan hadits darinya.

Setibanya ia dimakkah, orang-orang berkata kepadanya:  
أجهدت نفسك ياأبا عبد الله
"Sungguh engkau telah membuat letih dan susah dirimu wahai Abu Abdillah".

Lalu, Ahmad bin Hanbal menjawab:
ماأهون المشقة فيمااستفدنا من عبد الرزاق. كتبنا عنه حديث الزهري عن سالم بن عبد الله عن أبيه وحديث الزهري عن سعيد بن المسيب عن أبي هريرة.
"Betapa ringannya segala kesusahan itu setelah kami mendapatkan faidah dari Abdurrazzaq. Kami menulis darinya hadits Az Zuhri dari Salim bin Abdillah dari ayahnya, dan hadits Az Zuhri dari Sa'id bin Musayyib dari Abu Hurairoh"

(Sumber : Syarh Ushul As Sunnah, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin, Cet. Mu'assasah Syaikh Abdullah Jibrin, Hal 18)

Subhanallah!
Cintanya Ahmad bin Hanbal kepada ilmu dan hadits-hadits Rasulullah, mendorongnya keluar dari kampung halamanya di Baghdad  menuju Yaman. Cinta itu didasari dengan kecintaan kepada Allah Ta'ala. Jarak yang jauh, tak menjadi penghalang baginya. Kesusahan yang dirasakan terasa indah dan lezat tatkala apa yang dinginkan telah didapat.

Itulah pengorbanan....
Itulah cinta.....
Tak hanya sekedar rayuan manis dibibir..
Tapi ia adalah bukti kejujuran...

Semoga Allah merahmati Imam Ahmad bin Hanbal, serta mengumpulkan kita dan beliau disurga firdaus, bersama para Nabi, Shiddiqin, Syuhada', dan orang orang shalih.

👤Yami Amanda Cahyanto