Selasa, 10 Desember 2019

bekali diri dengan ilmu

#Back_to_Class
#Bismillah_Musthalah_Hadits

Bekali diri dengan ilmu, karena banyak komunitas yang mengaku berdakwah tapi ternyata dakwah menuju pintu-pintu jahannam,. juga banyak komunitas yang merusak dakwah dengan slogan-slogan indah dan menggiyurkan.

🔰Berkata Ibnu Mas'ud radiyaAllahu anhu :

عَلَيْكُمْ بِالْعِلْمِ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ وَقَبْضُهُ أَنْ يُذْهَبَ بِأَصْحَابِهِ عَلَيْكُمْ بِالْعِلْمِ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي مَتَى يُفْتَقَرُ إِلَيْهِ أَوْ يُفْتَقَرُ إِلَى مَا عِنْدَهُ إِنَّكُمْ سَتَجِدُونَ أَقْوَامًا يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ يَدْعُونَكُمْ إِلَى كِتَابِ اللَّهِ وَقَدْ نَبَذُوهُ وَرَاءَ ظُهُورِهِمْ فَعَلَيْكُمْ بِالْعِلْمِ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّبَدُّعَ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّنَطُّعَ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّعَمُّقَ وَعَلَيْكُمْ بِالْعَتِيقِ

"Hendaklah kalian mempelajari ilmu sebelum dicabut. Dan, dicabutnya ilmu dengan cara meninggalnya ulama. Hendaklah kalian menjadikan ilmu Sebagai perbekalan, sebab salah seorang diantara kalian tidak pernah tahu, kapan ia membutuhkannya. Sesungguhnya kalian akan menemui satu komunitas yang mengklaim diri mereka mengajak kalian kepada Al Quran, padahal mereka telah meletakkan Al Quran di belakang punggung mereka (meninggalkan Al Quran). Karena itu, bekalilah kalian semua dengan ilmu. Tinggalkanlah bid'ah, bersilat lidah dan sikap sering mengada-ada dan melampui batas hingga masalah menjadi rumit. Dan berpegang teguhlah kepada sunnah dan atsar".

📚Sunan Ad Darimi -Muqaddimah- no. 148.
Ustadz Muhammad Alif lc