Kamis, 12 Desember 2019

Sekelumit masa kecil Nabi Muhammad bin Abdillah Shallallahu'alaihi Wasallam

Sekelumit masa kecil Nabi Muhammad bin Abdillah Shallallahu'alaihi Wasallam

Berikut ini kutipan dari kitab "Nurul Yaqin fi Sirati Sayyidil Mursalin" karya Syaikh Muhammad Al Khudhari asy Syafi'i. Beliau mengatakan:

ثم إن أمه أخذته منها، وتوجهت به إلى المدينة لزيارة أخوال أبيه بني عدي بن النجار، وبينما هي عائدة أدركتها منيتها في الطريق فماتت بالأبواء

Kemudian ibunda beliau (Aminah) membawanya ke Madinah untuk berkunjung ke rumah paman-paman dari Abdullah, dari kalangan Bani Adi bin an Najjar. Ketika perjalanan pulang dari sana, Aminah wafat di perjalanan, di suatu tempat bernama al Abwa'.

فحضنته أم أيمن، وكفله جده عبد المطلب، ورَقَّ له رِقَّة لم تُعْهَد له في ولده، لما كان يظهر عليه مما يدل على أن له شأنًا عظيمًا في المستقبل، وكان يكرمه غاية الإكرام

Kemudian ia dirawat oleh Ummu Aiman dan dipenuhi nafkahnya oleh kakeknya, Abdul Muthallib. Abdul Muthallib sangat-sangat menyayangi cucunya tersebut, dengan kasih sayang yang tidak pernah diberikan kepada anak-anaknya sendiri. Karena nampak dari diri cucunya, perkara-perkara yang menunjukkan sesuatu yang luar biasa di masa depan. Dan ia memuliakan cucunya dengan penuh pemuliaan.

ولكن لم يلبث عبد المطلب أن تُوفي بعد ثماني سنوات من عمر الرسول صلى الله عليه وسلم، فكفله شقيق أبيه أو طالب فكان له رحيمًا وعليه غيورًا، وكان أبو طالب مقلًا من المال فبارك الله له في قليله

Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena Abdul Muthallib pun wafat ketika Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam berusia 8 tahun. Kemudian beliau dirawat oleh saudara kandung ayahnya, yaitu Abu Thalib. Abu Thalib sangat menyayangi beliau dan sangat melindungi beliau. Ketika itu Abu Thalib adalah orang yang sedikit hartanya, namun Allah berikan keberkahan dalam hartanya yang sedikit itu.

وكان الرسول صلى الله عليه وسلم في مدة كفالة عمه مثال القناعة والبعد عن السفاسف التي يشتغل بها الأطفال عادة، كما روت ذلك أم أيمن حاضنته، فكان إذا أقبل وقت الأكل جاء الأولاد يختطفون وهو قانع بما سييسره الله له

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika dirawat oleh pamannya, beliau sudah memiliki sifat qana'ah dan jauh dari perkara-perkara rendahan yang banyak dilakukan oleh anak-anak seusianya. Sebagaimana pernah dilihat oleh Ummu Aiman ketika merawat beliau. Yaitu jika datang waktu makan, maka anak-anak lain umumnya berebutan makanan. Namun Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika itu bersikap qana'ah terhadap apa yang Allah berikan kepadanya (tidak ikut rebutan makanan).

[selesai nukilan]

Maka dari sini kita bisa simpulkan:

1. Kakek Nabi, Abdul Muthallib, mengurus beliau dengan sangat baik, penuh kasih sayang, bahkan kasih sayang kepada cucunya tersebut melebihi kasih sayang kepada anak-anaknya.

2. Masa kecil Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam terjaga dari akhlak-akhlak rendahan. Beliau tidak sama seperti anak-anak lain. Jangankan mencuri jambu atau kurma, rebutan makanan saja beliau enggan dan lebih memilih ridha dengan sisa makanan yang ada.

3. Sejak kecil sudah terdapat tanda-tanda kemuliaan beliau Shallallahu'alaihi Wasallam. Orang-orang pun menyayangi dan memuliakan beliau, karena merasa akan ada hal besar dari diri beliau di masa depan.

Tidak ada sedikit pun yang bisa direndahkan dari diri Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam, tentunya ini karena penjagaan Allah kepada beliau sebagai persiapan untuk menerima risalah sehingga beliau menjadi orang yang sempurna menyampaikan hidayah kepada manusia, mengajak manusia ke jalan yang lurus menuju Jannah-Nya.

Allahumma shalli 'ala Muhammad.

**

@fawaid_kangaswad