Selasa, 10 Desember 2019

Kecemburuan Mu'adz, Sa'ad dan Rasulullah

Kecemburuan Mu'adz, Sa'ad dan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam

Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu suatu ketika sedang makan apel bersama isterinya, kemudian ada seorang anak kecil laki-laki yang masuk dan isterinya memberinya sebuah apel yang sebagiannya sudah dia makan. Maka Mu'adz memukul isterinya hingga kesakitan.

Akhbarun Nisa' karya Ibnul Jauzi hal. 74.

"معاذ بن جبل كان يأكل تفاحة ومعه إمرأته فدخل غلام فناولته تفاحة قد أكلت منها،فأوجعها ضربا"

أخبارالنساء لإبن الجوزي ص74

MasyaAllah, beliau sangat pencemburu meski hanya kepada anak kecil. Lalu bagaimana dengan ikhwan yang masih suka ngobrol dan bercanda dengan lawan jenis meski hanya di dumay? Kemana ghirah antum dan pasangan antum?

Sa'd bin Ubadah Al-Khazraji radhiyallahu 'anhu berkata :
“Kalau sekiranya aku melihat lelakibersama isteriku tentu akan aku pukul dia dengan pedangku tanpa ampun.” Maka ucapan beliau ini sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, maka beliau ber sabda :
“Apakah kalian merasa takjub dengan kecemburuan Sa'd? Sungguh aku lebih pencemburu darinya dan Allah lebih pencemburu dariku.” [Muttafaqun 'alaih]

عن المغيرة قال : قال سعد بن عبادة :” لو رأيت رجلا مع امرأتي لضربته بالسيف غير مصفح“. فبلغ ذلك النبي صلى الله عليه وسلم فقال : ” أتعجبون من غيرة سعد لأنا أغير منه والله أغير مني“. متفق عليه
abu razin taufiq