Rabu, 25 Desember 2019

MENGHILANGKAN 70 PENDERITAAN

MENGHILANGKAN 70 PENDERITAAN

Jika seseorang merasa hidupnya selalu sengsara dan menderita. Cobalah wiridkan wirid yang satu ini, insya Allah, segala macam penderitaan akan segera terangkat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَالَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ وَلاَ مَنْجَى مِنَ اللهِ إِلاَّ إِلَيْهِ ، كَشَفَ عَنْهُ سَبْعِينَ بَابًا مِنَ الضُّرِّ أَدْنَاهُنَّ الفَقْرُ ".

"Barangsiapa mengucapkan,  'Laa haula wa laa quwwata illa billah wa laa manja minallahi illa ilaih' (yang artinya: Tidak ada kemampuan dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah dan tidak ada keselamatan dari 'adzab Allah kecuali dengan kembali kepada-Nya) maka Allah akan menghilangkan darinya 70 pintu penderitaan, yang paling ringannya adalah kemiskinan." (Riwayat At Tirmidzi di dalam sunannya. Syekh Al Albani menshahihkannya di shabu Tirmidzi 3186).

Dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

‏” من كثرت همومه وغمومه ، فليكثر‏ من قول :
‏لا حول ولا قوة إلا بالله ”

Barangsiapa yang sering mendapatkan kegundahan dan kesusahan maka hendaklah dia memperbanyak mengucapkan,

لا حول و لا قوة إلا بالله

(Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecualli atas pertolongan Allah). ”(HR Ath Thabrani. Berkata Syeikh Al Albani : Hadits Shahih).

Berkata Ibnul Qoyim rahimahullah  :

لا حــول ولا قــوة إلا بــالله - لهذه الكلمة تأثير عجيب في معاناة الأشغال الصعبة ، وتحمل المشاق ، والدخول على الملوك ومن يخاف ، وركوب الأهوال ولها أيضا تأثير في دفع الفقر  [(الوابل الصيب : (106)]

"Laa haula walaa quwwata illaa billah, kalimat ini memiliki pengaruh yang luar biasa dalam meringankan kesulitan dan penderitaan, beratnya beban, memasuki dan menghadapi raja atau yang dia takuti, menghadapi kengerian, dan juga kalimat ini berpengaruh dalam menolak kefaqiran." (Al Wabilush Shoib 106).

AFM