Selasa, 31 Desember 2019

Menggabungkan antara Hadits dan Fiqh*

*Menggabungkan antara Hadits dan Fiqh*
🔗📜

🔹 Syaikh Al-'Allamah 'Abdul-Muhsin Al-'Abbad menjelaskan di majlis akhir pelajaran Nukhbah Al-Fikar dan Ijtina" Ats-Tsamar, bahwa seyogyanya seorang thalib tidak membatasi dirinya hanya perhatian terhadap jalur periwayatan hadits, mencari jalur-jalur periwayatan saja, tetapi juga hendaknya mendalami fiqihnya.

🔸 Beliau menyebutkan bahwa Al-Khothtobi memiliki penjelasan yang sangat bagus dalam muqoddimah kitabnya Ma'alim Sunan, yaitu pemisalan hadits itu bagaikan dasar/pondasi, sedangkan fiqih itu bagaikan bangunan, setiap bangunan yang tidak dibangun di atas dasar/pondasi maka runtuh, dan setiap pondasi yang tidak ada bangunan di atasnya maka kosong tidak ada apa-apanya. (selesai kutipan).

🔵 Adapun muqoddimah Ma'alim Sunan yang diisyaratkan oleh Syaikh adalah perkataan Al-Khoththobi berikut:
ورأيت أهل العلم في زماننا قد حصلوا حزبين وانقسموا إلى فرقتين: أصحاب حديث وأثر، وأهل فقه ونظر، وكل واحدة منهما لا تتميز عن أختها في الحاجة، ولا تستغني عنها في درك ما تنحوه من البغية والإرادة؛ لأن الحديث بمنزلة الأساس الذي هو الأصل، والفقه بمنزلة البناء الذي هو له كالفرع، وكل بناء لم يوضع على قاعدة وأساس فهو منهار، وكل أساس خلا عن بناء وعمارة فهو قفر وخراب.
...
وقد انتهيت أكرمكم الله إلى ما دعوتم إليه بجهدي، وأتيت من مسألتكم بقدر ما تيسرت له، ورجوت أن يكون الفقيه إذا ما نظر إلى ما أثبتّه في هذا الكتاب من معاني الحديث ونهجته من طرق الفقه المتشعبة عنه، دعاه ذلك إلى طلب لحديث وتتبع علمه، وإذا تأمله صاحب الحديث رغّبه في الفقه وتعلمه ...
معالم السنن (1/ 24-29).

✅  Dan saya juga pernah mendengar syaikh Al-'Abbad berkata: من جمع بين الحديث والفقه فقد جمع بين الحسنيين. "barangsiapa yang menggabungkan hadits dan fiqih sungguh telah menggabungkan dua kebaikan".

📌 Al-Khothib Al-Baghdadi juga berkata:

فينبغي إنعام النظر في الآثار والسنن , والتفتيش عن معانيها , والفكر في غوامضها , واستنباط ما خفي منها , فمن فعل ذلك كان جديرا بلحاق من سبقه من العلماء , والتبريز على المعاصرين له من الفقهاء

"selayaknya memperdalam tinjauan terhadap atsar-atsar dan sunnah-sunnah, memeriksa maknanya, memikirkan  kesamarannya, dan menyimpulkan sesuatu yang tersembunyi darinya. Barangsiapa yang melakukan hal itu sungguh pantas menyusul bergabung dengan ulama yang mendahuluinya, dan unggul atas orang-orang faqih sezaman dengannya".

📍Lalu beliau membawakan dengan sanadnya dari Sufyan bin 'Uyainah, ia berkata:

يا أصحاب الحديث , تعلموا فقه الحديث , لا يقهركم أهل الرأي ...

"wahai ahli hadits, belajarlah fiqh hadits, jangan sampai ahli ro"y mengalahkan kalian …". 

📗 الفقيه والمتفقه (1/ 549-550)

✍ Abu Abdan Irsyad Hasan bin Isa Ansori
📆 Madinah 13 Robi' Al-Akhir 1441 
⛺️ https://t.me/irsyadhasanabuabdan