Selasa, 18 April 2023

SHALAT IDUL FITRI BERSAMA PEMERINTAH KAUM MUSLIMIN ADALAH AQIDAH AHLUSSUNNAH

SHALAT IDUL FITRI BERSAMA PEMERINTAH KAUM MUSLIMIN ADALAH AQIDAH AHLUSSUNNAH 

▶️ Imam Sufyan Ats-Tsauri (wafat tahun 161 H) rahimahullahu berkata: Wahai Syu'aib, tidaklah bermanfaat apa yang engkau tulis hingga engkau berpendapat shalat bersama pemimpin/pemerintah kaum muslimin yang baik dan yang fajir.... Syu'aib bertanya: Aku berkata kepada Sufyan Ats-Tsauri "Wahai Abu Abdillah, apakah semua shalat?"
Sufyan menjawab: Tidak, akan tetapi shalat Jumat dan shalat idul Fitri serta Idul Adha.
(Syarah Ushul I'tiqad Ahlussunnah Wal Jamaah 1/173 oleh Imam Al-Lalikai)

▶️ Imam Harb Al-Kirmani (wafat tahun 280 H) rahimahullahu berkata: Inilah madzhab para imam ilmu, ashabul atsar, ahlussunnah yang dikenal dengan (ittiba') Sunnah, yang merupakan suri tauladan dalam (ittiba') Sunnah dari kalangan para sahabat Nabi ﷺ hingga hari ini. Dan aku mendapati para ulama dari Iraq, Hijaz (Makkah Madinah), Syam dan selainnya di atas (aqidah berikut ini). Barangsiapa yang menyelisihi sesuatu aqidah ini atau mencelanya serta memperolok orang yang mengatakannya, maka dia adalah orang yang menyelisihi (ijma' salaf), mubtadi' (Ahli Bid'ah), keluar dari jamaah (kaum muslimin), menyimpang dari manhaj As-Sunnah dan jalan kebenaran. Dan ini merupakan madzhab/ajaran Ahmad (bin Hambal), Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Abdullah bin Zubair Al-Humaidi, Sa'id bin Manshur dan selain mereka dari para guru-guru yang kami menimba ilmu dari mereka. Dan di antara ucapan mereka: 
- Melaksanakan shalat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha, haji bersama pemimpin (kaum muslimin) meskipun mereka bukan orang yang baik, bukan yang adil dan bukan yang bertakwa.
(Kitab As-Sunnah hal. 40 oleh Imam Harb Al-Kirmani)

▶️ Imam Ibnu Abi Zamanin (wafat tahun 399 H) rahimahullahu berkata: Di antara ucapan Ahlussunnah bahwa (melaksanakan) shalat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha serta Arafah bersama pemimpin yang baik atau yang fajir, termasuk As Sunnah dan kebenaran.
(Ushulussunnah hal. 280 oleh Imam Ibnu Abi Zamanin)

▶️ Imam Ash-Shabuni Asy-Syafi'i (wafat tahun 449 H) rahimahullahu berkata: Ashabul Hadits berpendapat shalat Jumat, Idul Fitri, Idul Adha dan selainnya dari ibadah shalat, bersama pemimpin kaum muslimin yang baik atau yang fajir.
(Aqidah Salaf Wa Ashabil Hadits hal. 294 oleh Imam Ash-Shabuni Asy-Syafi'i)
Ustadz abdurahman thoyib