Selasa, 25 April 2023

Enam Dzikir yang Sangat dibutuhkan oleh Seorang Muslim

Enam Dzikir yang Sangat dibutuhkan oleh  Seorang Muslim

Disusun oleh  Ust Abu Zubair Aceh, Lc

        Berkata Syaikh Ibnu Sa’adiy Rahimahullah :’’ setetelah melalui proses pengamatan dan penelitian aku temui bahwa dzikir-dzikir yang paling banyak di wasiatkan untuk diperbanyak membacanya sebagaimana yang disebutkan didalam  Al- Quran dan As-sunnah ada enam dzikir.

        Enam dzikir yang akan saya sebutkan kepadamu ia sebagai ujung tombak dan senjata yang mematikan dalam pertempuran Panjangmu dengan kegundahan, kesedihan, Sakit, penyakit dan dosa-dosa.

1.  Dzkir Pertama : Perbanyak Shalawat kepada Rasullulah Shallahu A’laih Wa Salam
Terus melazimkan Sholawat sepanjang harimu sehingga dipenghujung harimu banyak bershalawat kepada Rasullulah.

2.   Dzikir Kedua :Perbanyak  Beristiqhfar kepada Allah.
Jika Allah memberikan inspirasi dan membantumu di waktu luang untuk beristighfar perbanyaklah istighfar kepada Allah.

3.  Dzikir Ketiga : ( ياذا الجلال والإكرام )
Perbanyaklah dzikir ini, dzikir ini termasuk sunnah yang banyak  ditinggalkan padahal Rasullulah berwasiat untuk memperbanyak dzikir tersebut, Rasullulah mengatakan (perbanyaklah dzikir ya dzal Jalal wal Ikhram), Rasullulah mengkhususkan dua dzikir ini karena ada rahasia yang Agung didalamnya, ya dzal Jalal artinya  ya Allah yang memiliki keindahan, kesempurnaan, serta keagungan. Sedangkan  wa Ikhram artinya yang maha pemberi dan maha pemurah. Jika digabunkan  keduanya maka makna seakan-akan engkau sedang memuji-Nya dan meminta-Nya. Jika engkau memngucapkannya 100 kali ya dzal Jalal, maka  Allah memberikan kelapangan kepadamu dan begitu juga engkau ucapan 100 kali wal ikhram, maka Allah akan mengetahui apa yang engkau butuh dan Allah akan memberikannya kepadamu.

4.  Dzikir Keempat: ( لا حول ولا قوة إلا بالله )
Dzikir ini adalah sebuah dzikir yang banyak diwasiatkan Rasululah kepada para sahabatnya, bahkan ia merupakan harta simpanannya kelak disurga bagi yang mengucapkannya, seandainya engkau menjaganya dan memperbanyak dzikir laa haula wa la quwata ila billah, maka engkau akan melihat pengaturan Allah, keajaiban, kemahalembutan dan karunia serta nikmat Allah yang diberikan-Nya.

5.  Dzikir Kelima : (لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين) 
Ia merupakan doa Nabi Yunus A’laih wa salam , dzikir yang menghilangkan kesedihan dan medatangkan kelapangan.

6.  Dzikir Keenam : ( سبحان الله ، الحمدلله ، لااله الاالله ،الله اكبر )

Ambillah Sebagai Keadah
Sebagai pelajaran Dzikir, doa, serta bacaan ruqyah ia akan memiliki pengaruh, manfaat dan ada hasilnya jika dilakukan dengan sunguh-sunguh,  banyak diulang-ulang dan penuh dengan tadabur , artiinya jika engkau banyak dan berulang-ulang didalam doa akan mendatangkan kecintaan Allah, jika engkau merengek-rengek Ketika berdoa maka akan terkabulnya doa, begitu juga jika engkau mengulang-ulang ruqyah ia kan menghancurkan syaitan, dan meghilangkan racun hasad. 

Lihat kitab  karya Ibnu Sa’adiy   علم العقائد والتوحيد والأخلاق والأحكام  
Paya bedi/4/25/2023 akhukum fillah Abu Zubair, Lc