Kamis, 20 April 2023

Bahaya Tidak Membela

Bahaya Tidak Membela
قال رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم-:" ما من امرئٍ ‌يخذُلُ امرَأً ‌مسلماً ‌في ‌موضعِ تُنتهَكُ فيه حرمتُهُ، ويُنتقَصُ فيه من عِرْضِهِ، إلا خذلَهُ الله في موطِنٍ يُحبُّ فيه نُصرَتَهُ، وما من امرئٍ ينصُرُ ‌مُسلِماً ‌في ‌موضعِ يُنْتَقَصُ فيه مِن عِرْضِهِ، ويُنتهَكُ فيهِ من حُرمتِه إلا نصرَهُ الله عَزَّ وَجَلَّ في موطنٍ يُحِبُّ فيه نُصرتَه"
Dari Jabir bin Abdillah dan Abu Tholhah Ibn Sahl al-Anshari, Rasulullah bersabda, “Orang yang tidak membela seorang muslim yang nama baiknya dinodai dan kehormatannya dilecehkan di suatu forum atau majelis (baik forum dunia maya atau pun dunia nyata, pent) pasti Allah tidak akan membela nama baik dan kehormatannya di forum yang dia sangat ingin mendapatkan pembelaan. Sebaliknya setiap orang yang membela seorang muslim yang kehormatannya dilecehkan dan nama baiknya dinodai di suatu forum kecuali Allah akan membelanya ketika dia berada di suatu forum yang dia sangat ingin mendapatkan pembelaan” HR Abu Daud no 4884.
وَالْمَعْنَى لَيْسَ أَحَدٌ يَتْرُكُ نُصْرَةَ مُسْلِمٍ مَعَ وُجُودِ الْقُدْرَةِ عَلَيْهِ بِالْقَوْلِ أَوِ الْفِعْلِ عِنْدَ حُضُورِ غِيبَتِهِ أَوْ إِهَانَتِهِ أَوْ ضَرْبِهِ أَوْ قَتْلِهِ أَوْ نَحْوِهَا (يُحِبُّ) أَيْ ذَلِكَ الْخَاذِلُ (فِيهِ) أَيْ فِي ذَلِكَ الْمَوْطِنِ (نُصْرَتَهُ) أَيْ إِعَانَتَهُ سُبْحَانَهُ
وَيَجُوزُ أَنْ تَكُونَ إِضَافَتُهُ إِلَى الْمَفْعُولِ وَذَلِكَ شَامِلٌ لِمَوَاطِنِ الدُّنْيَا وَمَوَاقِفِ الْآخِرَةِ  
Makna hadis di atas, setiap orang yang tidak mau membela seorang muslim baik dengan ucapan atau pun pembelaaan dengan perbuatan padahal mampu melakukan pembelaan saat saudaranya sesame muslim digunjing, dihinakan atau dijelek-jelekkkan, dipukuli, hendak dibunuh dll pasti Allah tidak akan menolongnya ketika dia berada pada situasi, forum dan kondisi yang dia sangat ingin mendapatkan pertolongan Allah ketika itu. Forum dan kondisi ini mencakup di dunia dan di akhirat. 
«فتح الودود في شرح سنن أبي داود» (4/ 569):
4884 - "يخذل امرئ" أي لا يعينه ولا يمنعهم عن الوقوع فيه، ولعل هذا مخصوص بالقادر وغيره يكفيه الإنكار بالقلب، والأحسن تجنب ذلك المجلس والله تعالى علم.
Yang dimaksud dengan tidak membela adalah tidak membantu korban kezaliman dan tidak menghalangi terjadinya kezaliman. Kemungkinan celaan terhadap sikap membiarkan terjadinya kezaliman itu khusus berlaku untuk orang yang mampu memberikan pembelaan. Sedangkan orang tidak mampu memberikan pembelaan cukup baginya pengingkaran dengan hati dan lebih baik lagi jika meninggalkan/left forum atau majelis tersebut.
«التيسير بشرح الجامع الصغير» (2/ 358):
(مَا من امرء يخذل) بذال مُعْجمَة (امْرأ مُسلما) أَي لم يحل بَينه وَبَين من يَظْلمه وَلَا ينصره (فِي موطن ينتقص فِيهِ من عرضه) بِكَسْر الْعين وَهُوَ مَحل الذَّم الْمَدْح من الانسان (ينتهك فِيهِ من ‌حرمته) بِأَن يتَكَلَّم فِيهِ بِمَا لَا يحل وَالْحُرْمَة هُنَا مَا لَا يحل انتهاكه (الا خذله الله تَعَالَى فِي موطن يحب فِيهِ نصرته) أَي ‌مَوضِع يكون فِيهِ أحْوج لنصرته يَوْم الْقِيَامَة فخذلان الْمُؤمن حرَام شَدِيد التَّحْرِيم 
(Setiap orang yang tidak membela seorang muslim), maksudnya adalah tidak menghalangi orang yang hendak menzaliminya dan tidak mau menolongnya (pada forum atau kondisi nama baiknya dilecehkan dan kehormatannya dinodai) artinya kehormatannya dibicarakan dengan pembicaraan yang tidak boleh dilakukan. Yang dimaksud dengan kehormatan dalam hadis ini adalah semua hal yang tidak boleh dilanggar dan dinodai (pasti Allah tidak akan membelanya pada forum dan kondisi yang dia sangat ingin mendapatkan pembelaan) yaitu kondisi yang dia sangat membutuhkan pembelaan pada hari Kiamat. TIDAK MEMBELA NAMA BAIK ORANG YANG BERIMAN ITU HARAM, SANGAT HARAM.

«شرح سنن أبي داود للعباد» (556/ 5 بترقيم الشاملة آليا):
أورد أبو داود حديث أبي طلحة زيد بن سهل وجابر بن عبد الله الأنصاري رضي الله تعالى عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (ما من امرئ يخذل امرأً مسلماً في ‌موضع تنتهك فيه ‌حرمته، وينتقص فيه من عرضه إلا خذله الله في موطن يحب فيه نصرته)، وهذه عقوبة للذي لا يذب عن المسلم في حال إيذائه وفي حال النيل من عرضه، وكذلك في حال التعدي عليه، بل عليه أن ينصره كما جاء في الحديث: (انصر أخاك ظالماً أو مظلوماً) أي: إن كان ظالماً يمنعه من الظلم، وإن كان مظلوماً يعينه على الظالم، ويكون معه على الظالم.
Ini adalah hukuman orang yang tidak membela seorang muslim saat diganggu, dinodai kehormatannya dan dizalimi. Kewajiban setiap muslim adalah membela saudaranya sebagaimana dalam hadis “Tolonglah saudaramu yang zalim atau pun yang menjadi korban kezaliman”. Membela yang zalim dengan mencegahnya dari berbuat zalim. Sedangkan membela korban kezaliman adalah dengan membantunya dan membersamainya menghadapi orang yang zalim. 
وإذا حصلت منه النصرة فإنه ينصر في مكان يحتاج فيه إلى النصرة. والحديث كما هو واضح في حق من لا يذب عن مسلم، ولا يكون عوناً لمسلم عندما تنتهك ‌حرمته وينال من عرضه.
Sebaliknya jika seorang itu membela saudaranya sesama muslim maka dia akan diberi pertolongan di situasi membutuhkan pembelaaan. Hadis di atas sebagaimana terlihat secara gamblang berkaitan dengan orang yang tidak membela seorang muslim dan tidak membantu seorang muslim saat kehormatannya dilanggar dan nama baiknya dinodai.
Ustadz Dr aris munandar