Rabu, 19 April 2023

Insya Allah menyampaikan hadits ini: 5 Penyebab Bencana

Insya Allah menyampaikan hadits ini:

5 Penyebab Bencana

Dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi kami lalu bersabda, 
يَا مَعْشَرَ الْمُهَاجِرِينَ، خَمْسٌ إِذَا ابْتُلِيتُمْ بِهِنَّ، وَأَعُوذُ بِاللَّهِ أَنْ تُدْرِكُوهُنَّ:
لَمْ تَظْهَرْ الْفَاحِشَةُ فِي قَوْمٍ قَطُّ حَتَّى يُعْلِنُوا بِهَا، إِلَّا فَشَا فِيهِمُ الطَّاعُونُ وَالْأَوْجَاعُ الَّتِي لَمْ تَكُنْ مَضَتْ فِي أَسْلَافِهِمْ الَّذِينَ مَضَوْا. وَلَمْ يَنْقُصُوا الْمِكْيَالَ وَالْمِيزَانَ، إِلَّا أُخِذُوا بِالسِّنِينَ وَشِدَّةِ الْمَؤونَةِ وَجَوْرِ السُّلْطَانِ عَلَيْهِمْ.
وَلَمْ يَمْنَعُوا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ، إِلَّا مُنِعُوا الْقَطْرَ مِنْ السَّمَاءِ، وَلَوْلَا الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوا.
وَلَمْ يَنْقُضُوا عَهْدَ اللَّهِ وَعَهْدَ رَسُولِهِ، إِلَّا سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ غَيْرِهِمْ، فَأَخَذُوا بَعْضَ مَا فِي أَيْدِيهِمْ.
وَمَا لَمْ تَحْكُمْ أَئِمَّتُهُمْ بِكِتَابِ اللَّهِ وَيَتَخَيَّرُوا مِمَّا أَنْزَلَ اللَّهُ، إِلَّا جَعَلَ اللَّهُ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ
“Wahai para Muhajirin, ada lima perkara yang aku berlindung kepada Allah jangan sampai kalian mendapatkan kelimanya:
1. Tidaklah zina merajalela di suatu kaum sampai mereka melakukannya terang-terangan kecuali akan merebak pula pada mereka wabah tha’un dan berbagai penyakit yang belum pernah ada di masa sebelum mereka.
2. Tidaklah mereka mengurangi takaran dan timbangan kecuali mereka akan ditimpa paceklik, kesulitan hidup dan aniaya penguasa atas diri mereka.
3. Tidaklah mereka menahan zakat harta mereka kecuali mereka juga akan ditahan hujan dari langit. Kalau bukan karena hewan yang berdoa minta hujan maka tidak akan diturunkan hujan.
4. Ketika mereka tidak menerapkan perjanjian Allah dan Rasul-Nya maka mereka akan dikuasai musuh dari luar yang akan mengambil sebagian milik mereka.
5. Ketika para pemimpin mereka tidak berhukum dengan kitab Allah dan tidak memilih apa yang diturunkan Allah maka akan terjadi peperangan antar sesama mereka sendiri.
(HR. Ibnu Majah, no. 4019)
Ustadz A taslim