Minggu, 30 April 2023

Menyayangi mahluk di bumi"

"Menyayangi mahluk di bumi"

Mereka yang menyayangi, Allah ta'ala merahmati mereka. Sayangilah mahluk di bumi  (manusia,  hewan, dan lainnya)  Allah yang di langit akan menyayangi kalian. Rahim (kerabat) adalah akar, barangsiapa menyambungnya Allah akan menyambungnya, barangsiapa memutuskannya, Allah akan memutusnya."

https://dorar.net/hadith/sharh/73065

صحيح الترمذي 2

https://drive.google.com/file/d/1zeOzePZg6OBZhAhZX2wYtqIFXn1LPOVJ/view?usp=drivesdk

Dalam hadits ini,  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: " Mereka yang menyanyangi", yaitu mereka yang menyanyangi mahluk di bumi,  yaitu manusia,  hewan,  burung,  atau selainnya,  sayang dan kasihan,  maka Allah akan menyanyangi mereka,   dengan rahmatNya yang luas atas segala sesuatu,  Dia akan memberikan karunia atas mereka,  ampunan, dan kebaikanNya,  sebagai balasan setimpal.  Allah ta'ala disifatkan dengan "ar Rahmah" Maha penyayang,  Maha pengasih. Dan Rahmat Allah,  tidak seperti rahmatnya mahluk.  Allah ta'ala berfirman:

 لَیۡسَ كَمِثۡلِهِۦ شَیۡءࣱۖ وَهُوَ ٱلسَّمِیعُ ٱلۡبَصِیرُ 
[سُورَةُ الشُّورَىٰ: ١١]

"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat."

Lalu Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk merahmati,  menyayangi: "Rahmatilah,  sayangilah  yang di bumi, Dia yang di langit akan menyayangi kalian."

Yaitu sayangilah bermacam-macam mahluk di bumi, Dia yang di langit, akan menyayangi kalian.  Yaitu Allah yang di atas Arsy,  di atas langitNya. 

Lalu nabi bersabda: 

"Rahim (kerabat) adalah akar, barangsiapa menyambungnya Allah akan menyambungnya, barangsiapa memutuskannya, Allah akan memutusnya."

Yaitu kerabat adalah berbelit-belit seperti akar,  barangsiapa menyambungnya maka Allah akan menyambung Rahmat dan KebaikanNya,  dan kenikmatanNya, barangsiapa memutuskannya,  Dia akan memutuskannya. 

***
@hsn