Sabtu, 29 April 2023

10 KAIDAH MEMAHAMI BID’AH

10 KAIDAH MEMAHAMI BID’AH

(١)-كُلُّ عِبَادَةٍ تُسْتَنَدُ إِلَى حَدِيْثٍ مَكْذُوْبٍ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَهِيَ بِدْعَةٌ .

[1] Setiap ibadah yang disandarkan kepada hadits palsu atas nama Rasulullah ﷺ adalah bid’ah.

(٢)-كُلُّ عِبَادَةٍ تُسْتَنَدُ إِلَى الرَّأْيِ الْمُجَرَّدِ وَالْهَوَى فَهِيَ بِدْعَةٌ كَقَوْلِ بَعْضِ الْعُلَمَاءِ أَوِ الْعُبَّادِ أَوْ عَادَاتِ بَعْضِ الْبِلَادِ أَوْ بَعْضِ الْحِكَايَاتِ وَالْمَنَامَاتِ .

[2] Setiap ibadah yang disandarkan kepada pendapat semata dan hawa nafsu maka itu adalah bid’ah. Seperti pendapat sebagian ulama atau ahli ibadah atau kebiasaan sebagian daerah atau sebagian cerita cerita dan mimpi mimpi

(٣)-إِذَا تَرَكَ الرَّسُوْلُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِعْلَ عِبَادَةٍ مِنَ الْعِبَادَاتِ مَعَ كَوْنِ مُوْجِبِهَا وَسَبَبِهَا الْمُقْتَضِيْ لَهَا قَائِمًا ثَابِتًا ، وَالْمَانِعِ مِنْهَا مُنْتَفِيًا فَإِنَّ فِعْلَهَا بِدْعَةٌ .

[3] Jika Rasulullah ﷺ meninggalkan suatu ibadah yang ada padahal faktor dan sebab yang menuntut adanya pelaksanaan itu ada, dan faktor penghalangnya tidak ada maka melaksanakan ibadah tersebut adalah bid’ah.

(٤)-كُلُّ عِبَادَةٍ مِنَ الْعِبَادَاتِ تَرَكَ فِعْلَهَا السَّلَفُ الصَّالِحُ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ أَوْ نَقَلَهَا أَوْ تَدْوِيْنَهَا فِيْ كُتُبِهِمْ أَوِ التَّعَرُضَ لَهَا فِيْ مَجَالِسِهِمْ فَإِنَّهَا تَكُوْنُ بِدْعَةً بِشَرْطِ أَنْ يَكُوْنَ الْمُقْتَضِي لِفِعْلِ هَذِهِ الْعِبَادَةِ قَائِمًا وَالْمَانِعِ مِنْهُ مُنْتَفِيًا
.
[4] Setiap ibadah yang tidak dilakukan oleh Salafus Shalih dari kalangan para Sahabat, Tabi’in dan Taabi’ut Tabi’in atau mereka tidak menukilnya dalam kitab kitab mereka atau tidak pernah menyinggung masalah tersebut dalam majelis majelis mereka maka jenis ibadah tersebut adalah bid’ah dengan syarat faktor tuntutan untuk melakukan itu ada dan faktor penghalangnya tidak ada

(٥)-كُلُّ عِبَادَةٍ مُخَالِفَة لِقَوَاعِدِ هَذِهِ الشَّرِيْعَةِ وَمَقَاصِدِهَا فَهِيَ بِدْعَةٌ.

[5] Setiap ibadah yang menyelisihi kaedah kaedah Syari'at dan tujuan tujuannya maka dia adalah bid’ah.

(٦)-كُلُّ تَقَرُّبٍ إِلَى اللَّهِ بِفِعْلِ شَيْءٍ مِنَ الْعَادَاتِ أَوِ الْمُعَامَلاَتِ مِنْ وَجْهٍ لَمْ يَعْتَبِرْهُ الشَّارِعُ فَهُوَ بِدْعَةٌ .

[6] Semua taqorrub kepada Allah dengan adat kebiasaan atau mu’amalah dari sisi yang tidak dianggap (diakaui) oleh Syari’at maka itu adalah bid’ah.

(٧)-كُلُّ تَقَرُّبٍ إِلَى اللَّهِ بِفِعْلِ مَا نَهَى عَنْهُ سُبْحَانَهُ فَهُوَ بِدْعَةٌ .

[7] Semua taqorrub kepada Allah dengan cara melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah Ta’ala adalah bid’ah.

(٨)-كُلُّ عِبَادَةٍ وَرَدَتْ فِيْ الشَّرْعِ عَلَى صِفَةٍ مُقَيَّدَةٍ ، فَتَغْيِيْرُ هَذِهِ الصِّفَةِ بِدْعَةٌ .

[8] Setiap ibadah yang dibatasi dengan tatacara tertentu dalam syari’at maka merubah tatacara ini adalah bid’ah.

(٩)-كُلُّ عِبَادَةٍ مُطْلَقَةٍ ثَبَتَتْ فِيْ الشَّرْعِ بِدَلِيْلٍ عَامٍ فَإِنَّ تَقْيِيْدَ إِطْلاَقِ هَذِهِ الْعِبَادَةِ بِزَمَانٍ أَوْ مَكَانٍ مُعَيَّنٍ أَوْ نَحْوِهِمَا بِحَيْثُ يُوْهِمُ هَذَا التَّقْيِيْدَ أَنَّهُ مَقْصُوْدٌ شَرْعًا مِنْ غَيْرِ أَنْ يَدُلَّ الدَّلِيْلُ الْعَامُ عَلَى هَذَا التَّقْيِيْدِ فَهُوَ بِدْعَةٌ.

[9] Setiap ibadah yang mutlaq yang telah tetap dalam Syari’at dengan dalil umum, maka membatasi ibadah ini dengan waktu atau tempat tertentu atau yang semisalnya, sehingga menimbulkan anggapan bahwa pembatasan ini adalah yang dimaksudkan secara Syari’at tanpa ada dalil umum yang menunjukan terhadap pembatasan ini, maka dia adalah bid’ah.

(١٠)-الْغُلُوُّ فِيْ الْعِبَادَةِ بِالزِّيَادَةِ فِيْهَا عَلَى الْقَدْرِ الْمَشْرُوْعِ وَالتَّشَدُّدِ وَالتَّنَطُّعِ فِيْ الْإِتْيَانِ بِهَا بِدْعَةٌ .

[10] Bersikap ghuluw (berlebihan) dalam beribadah dengan menambah diatas batasan yang telah ditentukan oleh syari’at dan bersikap Tasyaddud (mempersulit diri) serta bersikap Tanaththu’ (memberatkan diri) dalam melaksanakannya maka itu adalah bid’ah. (Qawa'id ma'rifatil bida', Syaikh Muhammad bin Husain Al Jaizani, hal. 68-122)
Ustadz abu ghozie