Rabu, 05 April 2023

Bahwa akidah lebih penting daripada kesembuhan. Bahwa sakit itu lebih baik daripada syirik dan kufur.

Nasehat bagi yang diuji dengan pengobatan dukun id* d*yak

Bahwa akidah lebih penting daripada kesembuhan. Bahwa sakit itu lebih baik daripada syirik dan kufur. 

Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan -hafizhahullah- menjelaskan:

يحرم التداوي بما يمس العقيدة؛ من تعليق التمائم المشتملة على الفاظ شركية أو أسماء مجهولة أو طلاسم أو خرز أو خيوط أو قلائد أو حلق تلبس على العضد أو الذراع أو غيره، يعتقد فيها الشفاء ودفع العين والبلاء؛ 

"Diharamkan berobat dengan perkara yang dapat merusak akidah. Misalnya dengan memakai jimat yang mengandung lafadz-lafadz syirik, atau nama-nama yang tidak jelas, atau benda-benda keramat, gelang, benang, kalung, yang dipakai di badan atau di lengan. Dengan keyakinan benda-benda ini bisa memberikan kesembuhan dan melindungi dari 'ain atau dari bencana".

لما فيها من تعلق القلب على غير الله في جلب نفع أو دفع ضر، وذلك كله من الشرك أو من وسائله الموصلة إليه.

"Karena menggunakan benda-benda tersebut akan menimbulkan terikatnya hati kepada selain Allah, untuk mendapatkan manfaat dan menghindarkan diri dari mudharat. Dan semua itu adalah kesyirikan, atau merupakan sarana kesyirikan".

ومن ذلك أيضا التداوي عند المشعوذين من الكهان والمنجمين والسحرة والمستخدمين للجن، فعقيدة المسلم أهم عنده من صحته

"Demikian juga berobat kepada musya'wadzin, yaitu dukun, ahli nujum, tukang sihir dan orang yang bekerja sama dengan jin. Sungguh akidah seorang Muslim itu lebih penting daripada kesehatannya" 

(Al Mulakhas Al Fiqhi, 1/294).

Semoga Allah memberikan kesehatan kepada saya dan anda sekalian. Dan semoga Allah memberi taufik kepada akidah dan tauhid yang lurus.

Join channel telegram @fawaid_kangaswad