Senin, 05 Februari 2024

Aku tidak meninggalkan sesuatu apapun yang dahulu nabi shollollohu'alaihi wasallam kerjakan, kecuali aku mengerjakan amalan tersebut. Sungguh aku khawatir apabila aku meninggalkan sesuatu dari perintahnya, aku bisa tersesat

Abu Bakr As-Siddiq Radhiyallahu ta'ala anhu mengatakan:
"Aku tidak meninggalkan sesuatu apapun yang dahulu nabi shollollohu'alaihi wasallam kerjakan, kecuali aku mengerjakan amalan tersebut. Sungguh aku khawatir apabila aku meninggalkan sesuatu dari perintahnya, aku bisa tersesat".

Ibnu Battah memberikan catatan dari ucapan beliau: "Abu Bakr takut akan dirinya ditimpah kesesatan karena menyelisihi sesuatu dari perintah nabi shollollohu'alaihi wasallam, maka bagaimana lagi orang di zaman ini yang mengolok-ngolok nabi shollollohu'alaihi wasallam dan perintahnya serta mereka berbangga dengan menyelisihinya dan mencela sunnahnya.

Kitab : Ta'dzhimus Sunnah : 14