Kamis, 15 Februari 2024

Thaghut Berwarna Ungu Itu Mestinya Engkau Ingkari Bukan Engkau Pamerkan..

Thaghut Berwarna Ungu Itu Mestinya Engkau Ingkari Bukan Engkau Pamerkan..

Engkau seharusnya malu jika suaramu disamakan dengan suara pendusta, penipu dan suara orang yang suka mengolok-olok Allah dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam. 

Allah ta'ala berfirman, 

فمن يكفر بالطاغوت ويؤمن بالله فقد استمسك بالعروة الوثقى لا انفصام لها

"Barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman hanya kepada Allah maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada tali yang amat kokoh yang tidak akan putus." 

(QS. Al-Baqarah: 256)

Siapa thaghut yang Allah perintahkan kita untuk mengingkarinya? 

Thaghut dari kata thugyan yang artinya melampaui batas. Al-'Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, 

كل ما تجاوز به العبد حده من معبود أو متبوع أو مطاع

"Thaghut adalah setiap oknum yang disikapi seorang hamba dengan melampaui batas padanya, baik dalam bentuk sesuatu yang diibadahi atau sesuatu yang diikuti atau sesuatu yang ditaati." 

🧷 Fat-hul Majid (hlm. 19)

- Sesuatu yang diibadahi selain Allah dari makhluk yang dikultuskan atau benda mati yang dikeramatkan diyakini dapat mendatangkan manfaat menolak mudharat. 

- Sesuatu yang diikuti seperti pemikiran-pemikiran yang menyimpang dari Islam seperti liberal, sekuler atau tokoh yang diikuti dalam kesesatan.

- Sesuatu yang ditaati seperti para pimpinan yang mengajak berhukum menyelisihi hukum Allah dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam.

Semoga Allah memperbaiki keadaan kita dan memperbaiki keadaan para pemimpin kita, bangsa dan negara kita, aamiin. #manhajulhaq