Sabtu, 17 Februari 2024

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah di antara tokoh teladan terbaik, yang saya suka mengulang-ulang membaca biografi beliau. Di antara point yang membuat saya kagum pada beliau

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah di antara tokoh teladan terbaik, yang saya suka mengulang-ulang membaca biografi beliau. Di antara point yang membuat saya kagum pada beliau:

• Tidak mengolok-olok pribadi penguasa di hadapan publik. Di saat yang sama, tidak menjilat padanya.
• Membongkar habis pemikiran sesat yang dianut penguasa. Fokus pada kritik aqidah yang menyimpang tanpa sebut nama & olok-olok penguasa. Di saat yang sama, tidak memprovokasi massa untuk mengkudetanya. 
• Dalam melakukan kritik rawi, beliau tidak "sekencang" ulama sezamannya, seperti Yahya bin Ma'in rahimahullah. Namun, justru Imam Ahmad yang paling kokoh & tahan banting ketika disiksa-paksa penguasa, sedangkan Yahya bin Ma'in rahimahullah yang sebelumnya terkenal kenceng dalam bab jarh wa ta'dil, akhirnya beliau justru termasuk di antara ulama yang mengucapkan apa yang diperintahkan penguasa (walau dalam kondisi terpaksa, karena ancaman siksa).
.
Sahabat Nabi  Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu berkata
“๐˜‰๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ญ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ (๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ) ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ช๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ง๐˜ช๐˜ต๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ (๐˜ด๐˜บ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ธ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ด๐˜บ๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ต).”

Wallahu a'lam.
Ustadz ginanjar