Minggu, 18 Februari 2024

MEMBANTAH KEBATHILAN TUGAS MULIA

MEMBANTAH KEBATHILAN TUGAS MULIA

Rasulullah ﷺ bersabda: 

يَحْمِلُ هَذَا العِلْمَ مِنْ كُلِّ خَلَفٍ عُدُوْلُهُ يَنْفُوْنَ عَنْهُ تَحْرِيْفَ الغَالِيْنَ وانْتِحَالَ المُبْطِلِيْنَ وتَأْوِيْلَ الجَاهِلِيْنَ

ILMU AGAMA INI SENANTIASA DIBAWA OLEH ORANG-ORANG YANG ADIL DARI SETIAP GENERASI: MEREKA MENAFIKAN DARINYA TAHRIF/PENYELEWENGAN ORANG-ORANG YANG EKSTRIM, (MEMBANTAH) KEDUSTAAN ORANG-ORANG YANG DI ATAS KEBATILAN, DAN TAKWIL ORANG-ORANG JAHIL.
(HR. Ibnu Adi dll, lihat takhrijnya dalam kitab Miftah Dar As-Sa'adah 1/497-500 oleh Ibnu Al-Qayyim dengan ta'liq dan takhrij Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi rahimahumallahu)

Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari rahimahullahu berkata: Tugas para pengemban ilmu -pengganti para Rasul- itu tegak di atas tiga pondasi ini:
1. Menafikan keekstriman.
2. Membantah kebatilan.
3. Menyingkap kejahilan.
(At-Tashfiyah Wa At-Tarbiyah hal. 24-25 oleh Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi rahimahullahu)
Mau ikut Rasul ﷺ atau ikut selainnya?!

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَیۡنَ یَدَیِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِیعٌ عَلِیمࣱ 
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan rasul-Nya,dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Hujurat: 1)

▶️ Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'anhuma berkata: 
Aku kira mereka akan binasa, aku berkata "Rasul bersabda" sedangkan kalian menentangnya dengan ucapan Abu Bakar dan Umar..(HR. Ahmad, dll)

▶️ Syaikh Al-Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu berkata: Seandainya Ahlul Haq diam dari menjelaskan kebenaran, maka orang-orang yang salah/sesat akan tetap dalam kesalahannya dan akan diikuti oleh selain mereka dan yang diam akan membawa dosa menyembunyikan kebenaran yang telah Allah ancam lewat firman-Nya

إِنَّ ٱلَّذِینَ یَكۡتُمُونَ مَاۤ أَنزَلۡنَا مِنَ ٱلۡبَیِّنَـٰتِ وَٱلۡهُدَىٰ مِنۢ بَعۡدِ مَا بَیَّنَّـٰهُ لِلنَّاسِ فِی ٱلۡكِتَـٰبِ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ یَلۡعَنُهُمُ ٱللَّهُ وَیَلۡعَنُهُمُ ٱللَّـٰعِنُونَ

"Sungguh, orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan dan petunjuk, setelah Kami jelaskan kepada manusia dalam Kitab (Al-Quran), mereka itulah yang dilaknat Allah dan dilaknat (pula) oleh mereka yang melaknat."
(QS. Al-Baqarah: 159)

Allah telah mengambil perjanjian atas para ulama ahlil kitab untuk mereka menjelaskan kepada manusia (kebenaran) dan tidak menyembunyikannya. Dan Allah mencela mereka karena mereka meninggalkan perjanjian tersebut. Allah juga mentahdzir kita dari mengikuti jejak mereka. Jika ahlussunnah diam dari kesalahan-kesalahan orang yang menyelisihi Al-Quran dan As-Sunnah, maka mereka menyerupai ahlil kitab yang dimurkai dan yang sesat.
(Majmu' Fatawa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu 3/72)
Ustadz abdurahman toyib