Jumat, 16 Februari 2024

Imam Abu Mudzaffar As-Sam'aniy wafat tahun 489 Hijriyah adalah seorang ulama Hanafiyah yang berpindah madzhab ke Syafi'iyah.

Imam Abu Mudzaffar As-Sam'aniy wafat tahun 489 Hijriyah adalah seorang ulama Hanafiyah yang berpindah madzhab ke Syafi'iyah.

Beliau tidak sedikitpun mengalihkan diri dari ilmu fiqh ke ilmu kalam, namun beliau menyibukkan diri dengan ilmu hadits dan teguh mengikuti madzhab Imam Asy-Syafi'i tanpa menoleh ke madzhab Asy'ariy.

Padahal waktu itu kebanyakan madzhab Syafi'iyah mengikuti aqidahnya Abu Hasan Al-Asy'ariy dalam ushulnya dan dalam pendidikan ilmu kalamnya, kecuali sangat sedikit yang menyelisihi mereka, seperti Abu Hamid Al-Asfirayaini, Ibnu Khuzaimah, Abu Qashim At-Taimiy dan ulama yang semisal mereka. 

Dan beliau diantara yang sedikit itu yang mengikuti Imam Asy-Syafi'i untuk menjauhi ilmu kalam baik itu dalam perkataan, perbuatan, dan dalam hukumnya.

Suatu ketika aqidah beliaupun dikritik dan dicela oleh Imam Ibnul Jauzi, Sehingga Imam Adz-Dzahabi rahimahulah memberikan keadilan kepada beliau dengan berkata :

بل والله عقيدته في السنة أحسن من عقيدتك، فإنك يومًا أشعري، ويومًا حنبلي، وتصانيفك تنبئ بذلك، فما رأينا الحنابلة راضين بعقيدتك، ولا الشافعية

"Sebaliknya, demi Allah, aqidah beliau terhadap Sunnah lebih baik dari aqidahmu, maka sesungguhnya engkau sehari menjadi seorang Asy'ariy, dan di hari lain menjadi seorang Hanbali, dan tulisan-tulisanmu menunjukkan hal itu, maka kami tidak melihat madzhab Hanaabilah ridho dengan aqidahmu demikian pula Syafi'iyah.

[Ar-Risaalah li Ibn Daqaq, hal. 109]
Pengetahuan muslim