Minggu, 03 Maret 2024

Kalo kita perhatikan hadits tentang hamba dunia, terlihat betapa Rasulullah ﷺ sangat-sangat geram dengan mereka2 ini. Rasulullah ﷺ bersabda:

# Hamba Dunia #

Kalo kita perhatikan hadits tentang hamba dunia, terlihat betapa Rasulullah ﷺ sangat-sangat geram dengan mereka2 ini. Rasulullah ﷺ bersabda:

تَعِسَ عَبْدُ الدينار، تَعِسَ عَبْدُ الدرهم، تَعِسَ عَبْدُ الخَمِيصَة، تعس عَبْدُ الخَمِيلَة، إن أُعْطِيَ رَضِيَ، وإن لم يُعْطَ سَخِطَ، تَعِسَ وانْتَكَسَ، وإذا شِيكَ فلا انتَقَشَ
"Celakalah hamba dinar! Celakalah hamba dirham! Celakalah hamba sutra! Celakalah hamba khamīlah (kain beludru)! Jika diberi maka ia rida, dan jika tidak diberi maka ia murka. Celakalah dan semoga ia terjungkal! Apabila tertusuk duri maka semoga ia tidak dapat mengeluarkannya!" (HR Bukhari)

Lihat gimana geramnya Rasulullah ﷺ dengan mereka:
# Didoakan celaka berulang2 dalam tiap model dunia yang mereka puja. Rasulullah ﷺ tidak sekedar sebut "celaka hamba dunia!" Namun didetailkan oleh beliau, diulang 4x, bahkan Dinar & dirham disebut khusus padahal keduanya sama2 uang.
# Diulang lagi doanya, ditambah doa semoga terjungkal, yaitu semoga mendapat kerugian dari usahanya, biar gak dapet untung.
# Gak cukup itu, Rasulullah ﷺ doakan lagi agar mereka dapat keburukan di dunia yang terus menerus menghantui mereka gara-gara hal sepele: kalo tertusuk duri, semoga durinya gak bisa tercabut. Tersiksa terus dalam tiap perjalanannya.

Gemes banget kan beliau? Kenapa? Karena hamba dunia ini sangat buruk kondisinya, sangat bahaya dan merugikan umat.

Hamba dunia ini gak akan segan2 melakukan hal-hal buruk dan keji yang merugikan orang, bahkan orang banyak demi dunianya. Gak akan segan2 berbohong, bersikap curang, ngezhalimin orang, berkhianat, melanggar aturan, manipulasi, sikut kirihkanan, nginjak di bawah, ngejilat atasan, bahkan menjual agamanya demi dunia. Jika sikap ini menjangkiti orang berilmu agama, maka dia gak akan segan2 menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal demi dunia. Nauzubillah.

Bahaya kan? Ngegemesin kan yang kayak gini? Maka Rasulullah ﷺ doakan dengan doa berlapis yang berat-berat. Semoga Allah melindungi kita dari sifat cinta dunia sehingga menjadi budak-budak dunia.
Ustadz amrullah akhadinta