Rabu, 20 Maret 2024

๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—•๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ถ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐Ÿญ๐Ÿฎ๐Ÿฌ ๐— 

Bismillah..
kisah Dahsyat dan mengharukan.

| ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—•๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ถ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐Ÿญ๐Ÿฎ๐Ÿฌ ๐—  |

Ada orang tua yang menghabiskan sebanyak 30.000 dinar hanya untuk biaya menuntut ilmu anaknya. Jika 1 dinar setara 4 juta rupiah saja maka 30.000 dinar sama dengan 120 miliyar. Wow… sebesar 120 miliyar dialokasikan hanya untuk biaya pendidikan 1 anak! Bagaimana mungkin terjadi? Begini ceritanya…

******

Kisah ini disarikan dari berbagai sumber kitab tarikh (sperti kitab Tarikh Dimasq nya Ibnu Asakir, Tarikh Baghdad nya Khatib Albaghdadi, dan yang lain) dengan sedikit tambahan tanpa merubah substansi.

******

“๐˜ž๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฉ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช?!” Tiba-tiba seorang pemuda telah berdiri gagah menghadang laki-laki tua asing yang lancang memasuki rumahnya. Pemuda tersebut menatap tajam setelah membentaknya.

“๐˜›๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ, ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ต, ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ด๐˜ต๐˜ณ๐˜ถ ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฉ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช!” jawab orang tua tersebut tidak kalah sengit.

Terjadilah perselisihan yang cukup serius antara orang tua asing dan pemuda penghuni rumah tersebut. Keduanya mengaku pemilik rumah yang sah dan menuduh yang lain sebagai penjahat yang lancang memasuki rumah orang lain. 

Masyarakat mulai berkerumun mendengar keributan tersebut. Akhirnya ibu dari pemuda tersebut juga keluar dan berteriak setelah melihat wajah orang tua asing itu. “๐˜๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ถ... ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ถ, ๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ฉ. ๐˜๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ... ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ”. 

Mendengar itu, orang tua tersebut tanpak terkejut kemudian menatap Lembut wajah anak muda di hadapannya. Tidak disangka janin yang ditinggal dalam kandungan istrinya dua puluh tujuh tahun yang silam telah menjadi  pemuda yang besar dan gagah. Ada rasa haru dan bahagia bercampur aduk jadi satu.

Farrukh adalah suami dari perempuan penghuni rumah ini. Dua puluh tujuh tahun yang lalu dia meninggalkan istrinya yang sedang mengandung anaknya. Farrukh pergi ke Khurasan demi memenuhi panggilan perang untuk membela agama Islam. Bertahun-tahun dia tidak pulang dan tidak ada kabar. Hingga di saat semua orang melupakannya, dia datang kembali layaknya orang asing yang tidak dikenal. Meski sempat membuat ribut dan menimbulkan salah paham, namun akhirnya mengharukan dan membahagiakan.

Demi melihat kebahagiaan keluarganya yang kembali utuh, istri Farrukh mengajak suami dan anaknya masuk kembali ke dalam rumah dengan diliputi kebahagiaan baru. Kerumunan warga juga telah selesai dan mereka kembali ke rumah masing-masing.

Dalam sebuah kesempatan, Farrukh menanyakan uang 30.000 dinar yang dulu ia berikan kepada istrinya sebelum berangkat perang untuk dipakai seperlunya. Farrukh meminta istrinya agar mengeluarkan uang tersebut dan menggabungkan dengan uang yang baru ia bawa. 

Mendengar hal tersebut, istrinya kaget dan gelisah. Bagaimana tidak, semua uang tersebut sudah ludes dipakai untuk biaya pendidikan anaknya. Tidak tersisa sedikitpun. “๐˜ˆ๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ? ๐˜‰๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช ๐˜ด๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ซ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ช๐˜ข ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช๐˜ด? ๐˜—๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ค๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ซ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช๐˜ด ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ข๐˜บ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข?” Guman sang istri dalam hatinya. 

“๐˜œ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ. ๐˜š๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜•๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ธ๐˜ช ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜ˆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ต๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต” Jawab istrinya untuk sedikit mengalihkan suaminya dari topik uang tersebut.

Sampai di masjid Nabawi Farrukh langsung menunaikan shalat berjama’ah. Betapa rindunya ia menunaikan shalat di masjid yang paling agung setelah masjidil haram ini. Maka ia sungguh-sungguh menikmati sampai selesai shalat dan memanjatkan semua do’a-doanya. Setelah merasa puas beribadah Farrukh bermaksud pulang. Namun ia mengurungkan niatnya. Ia melihat majelis ilmu yang dihadiri oleh banyak sekali ahli ilmu. Jauh didepan sana di atas kursi duduk seorang Syaikh yang tidak terlalu jelas wajahnya. Namun ia sangat yakin syaikh ini adalah ulama besar yang sangat disegani. Ia merasakan dan bisa melihat dari semua orang yang duduk dengan penuh ta’dzim di hapadan syaikh ini. Bahkan yang duduk di barisan terdepan bukan dari golongan orang biasa namun dari kalangan ulama besar seperti Imam Malik bin Anas, Hasan bin Zaid, dan para ulama-ulama besar madinah waktu itu.

Sesampai di rumah, Farrukh menceritakan apa yang ia lihat di masjid Nabawi. Dengan penuh takjub ia menceritakan kehebatan Syaikh yang ia dengarkan kajiannya di masjid nabawi tadi. Sang istri tersenyum mendengar cerita suaminya. 

“๐˜š๐˜ถ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ... ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ด๐˜บ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฎ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜จ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ?”Tanya istrinya yang masih tersenyum.. “๐˜‹๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช!”

Farrukh tersentak dan hampir tidak mempercayainya. Ia terdiam takjub. Tidak disangkanya syaikh yang ia simak kajiannya tadi adalah putranya sendiri. Tidak henti-hentinya ia membaca tasbih dan tahmid sebagai rasa syukur dan haru setelah mendengar penjelasan istrinya tersebut. 

“๐˜š๐˜ถ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ.. ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ 30.000 ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ช๐˜ญ๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜จ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ?” tanya istrinya kepada Farrukh. 

“๐˜‹๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ... ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ช๐˜ด๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข!” jawab Farrukh dengan penuh bangga. “Ketahuilah suamiku, aku telah menghabiskan semua harta yang engkau amanatkan kepadaku untuk biaya pendidikan anakmu hingga menjadi seperti sekarang ini.”

“๐˜‹๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ช๐˜ข-๐˜ฏ๐˜บ๐˜ช๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ต๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ต๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ” Jawab Farrukh dengan bahagia.

******

Tahukah anda siapa pemuda tersebut yang menjadi anak dari Farrukh? Dialah Rabi’ah Arra’yi bin Abi Abdiirrahman Farrukh, Mufti dan ahli Fiqhnya kota Madinah, tabi’in, guru dari Imam Malik pendiri Madzhab Maliki.

Imam Rabi’ah menjadi ulama besar berkah ibunya yang totalitas dalam memfasilitasi anaknya belajar. Tidak tanggung-tanggung 120 miliyar dihabiskan untuk biaya anaknya menuntut ilmu hanya dalam waktu dua puluh tujuh tahun. Atau setara kurang lebih 370 juta setiap bulannya. Itupun jika dihitung sejak lahir.

Syaikhul Imam Sadiduddin as-Syairozi berkata sebagaiamana dikutip oleh Syaikh az-Zarnuji dalam kitabnya, Ta’lim al-Muta’allim dalam bab pentingnya mengagungkan Guru. “๐˜‰๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฎ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ญ๐˜ช ๐˜ง๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฉ (๐˜ข๐˜ฉ๐˜ญ๐˜ช ๐˜ช๐˜ญ๐˜ฎ๐˜ถ). ๐˜‹๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข (๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช๐˜ต). ๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ต๐˜ข ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฎ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ค๐˜ถ๐˜ค๐˜ถ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฎ.”

Orang dulu bisa menghabiskan 120 miliyar hanya untuk biaya belajar anaknya sampai selesai, lalu orang sekarang menuntut gurunya ikhlas hidup kekurangan tanpa memberikan bayaran yang layak. Sungguh menyedihkan!

๐—”๐—ฏ๐˜‚๐—น ๐—™๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ท ๐— ๐—ผ๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ ๐—๐—ฎ๐˜‡๐˜‚๐—น๐—ถ
๐—ฆ๐—ถ๐—ฑ๐—ผ๐—ฎ๐—ฟ๐—ท๐—ผ, ๐Ÿญ๐Ÿด ๐— ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐˜ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฐ
Di upload oleh ustadz ihsan