Jumat, 22 Maret 2024

Menyembelih hewan kurban yang ditujukan untuk selain ALLAH adalah syirik besar.

Menyembelih hewan kurban yang ditujukan untuk selain ALLAH adalah syirik besar.

Menyembelih hewan kurban adalah termasuk ibadah. Kenapa menyembelih hewan kurban termasuk ibadah ? karena hal itu diperintahkan ALLAH subhanahu wa ta'ala.

Karena menyembelih hewan kurban termasuk ibadah yang diperintahkan oleh ALLAH, maka tidak boleh memalingkannya untuk selain ALLAH. Karena jika dipalingkan kepada selain ALLAH, seperti ditujukan untuk berhala atau penunggu tempat -tempat tertentu, maka perbuatan tersebut masuk dalam kategori syirik akbar yang ALLAH ancam pelakunya :

1. Tidak diampuni dosanya (jika meninggal tidak bertaubat).

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱفْتَرَىٰٓ إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (An-Nisa' : 48)

2. Masuk neraka selamanya.

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ وَٱلْمُشْرِكِينَ فِى نَارِ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ ٱلْبَرِيَّةِ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk." (Al Bayyinah : 6).

Wallahu a'lam.
Al akh fajar sodiq