Selasa, 19 Maret 2024

Muhammad bin AbdulWahhab An Najdi At Tamimi Al Hanbali.

Muhammad bin AbdulWahhab An Najdi At Tamimi Al Hanbali. 

Dakwah Syaikh Muhammad bin AbdulWahhab An Najdi itu di dalam masalah Tauhid. Beliau memperinci mana bagian dari Ibadah, mana bukan. Menjelaskan mana Tauhid mana syirik secara jelas batasannya, juga "memperjelas" mana "pintu masuk perantara" kepada kesyirikan dan memperingatkan manusia daripadanya. Sedangkan dalam masalah fiqh, beliau taklid pada madzhab Hanbali, bisa dibaca dalam kitab-kitab beliau yang menyinggung masalah Fiqhiyah.

Contoh, 

Beliau memperinci apa itu ibadah dalam kitab beliau "jami' al ibadah lillah", Beliau memperinci bermacam ibadah dari ibadah hati, lisan hingga anggota badan beserta dalilnya. Sedangkan dalam furu'nya, madzhab Hanbali terlihat jelas dalam kitab beliau "Syuruth Shalat wa arkanuha, wa Wujubuha wa Sunanuha" atau dalam "Al Inshof" yang merupakan tarjihat beliau terhadap Syarhul Kabir lil Muqni Al Maqdisi Al Hanbali

Beliau memperinci masalah Syirik dalam "Qowaidul Arba" yang berisi mengenai kaidah-kaidah mengenal dan menimbang kesyirikan,  menjelaskan kerancuan-kerancuan seputar kesyirikan dalam "Kasyfu Syubhat" yang mengupas habis syubhat kemusyrikan yang dibalut indah dengan syubhat dari mereka yang dianggap "Ulama" oleh pengikutnya dan lebih luas lagi dalam Mufidul Mustafid. 

Beliau menjelaskan apa itu Islam dalam "Bab Fadhlul Islam", menjelaskan detailnya dalam "Ushul Tsalatsah" yang memperinci dari tiga pertanyaan kubur, "Siapa Tuhanmu, Apa Agamamu dan Siapa Nabimu?" dan menjelaskan pembatalnya dalam "Nawaqidul Islam" serta menjelaskan penghulu-penghulu kekafiran dalam "Ma'na Taghut". 

Beliau menjelaskan Tauhid secara rinci dalam "Kitab Tauhid aladzi huwa haqqullah ala ibad" dan menjelaskan makna syahadat tauhid dalam "Ma'na La ilaha illallah". Serta memperinci keimanan dalam "Kitab Ushul Iman". 

Beliau menjelaskan perjalanan hidup Rasulullah shallallahu alaihi wa salam dalam "Mukhtashar Zaadul Ma'ad" yang merupakan ringkasan kitab siroh Syaikhul Islam Hanabilah Ibnu Qoyyim Al Jauziyah murid Syaikhul Islam Hanabilah Ibnu Taimiyah. Beliau juga meringkas kitab Siroh Ibnu Hisyam dalam "Mukhtashar Siroh Rasul", Beliau juga membawakan dakwah tauhid dalam bentuk siroh dalam "Sitrah Mawadhi Minal Siroh", kitab yang diakhiri dengan pengakuan mengejutkan dari seorang badui yang paham apa itu tauhid dan syirik.

Beliau menjelaskan tentang budaya orang-orang Jahiliyah dalam "Masail Jahiliyah" yang memuat seratus dua puluhan budaya jahiliyah dan menjelaskan dosa-dosa besar dalam kitab beliau "Al Kabair", yang mana ada anggapan kitab ini terpengaruh oleh kitab Az Zawajir karya alim besar Syafiiyah yakni Ibnu Hajar Al Haitami atau mungkin Al Kabairnya Adz Dzahabi Asy Syafi'i.

Bagi siapapun yang ingin mengetahui, Siapa dan Bagaimana Muhammad bin AbdulWahhab An Najdi yang dianggap pendiri Wahhabi, silakan baca dan urutkan kitab2 tersebut, maka akan jelas siapa Beliau dan bagaimana menyimpangnya orang-orang yang mengatakan mengikuti beliau namun berbeda jauh dengan keyakinan dan pemahaman beliau dari orang-orang Dzahiri, Murji'i dan Khariji. Baju bisa sama, namun hakikat tentunya berbeda.

Abu Unaisah Prasetyo Al Hanbali. 
Allahua'lam.