Senin, 25 Maret 2024

Oang-orang berilmu pada tinggal di kota-kota

Oang-orang berilmu pada tinggal di kota-kota... 

"Ulama (orang-orang alim/berilmu) itu biasanya berasal dari kampung dan desa, tapi mereka tidak tinggal di kampung atau desa, bahkan di kota-kota" (Tafhimul Mutafahhim, Sayarh Ta'limul Muta'allim,oleh Isma'il Bin Utsman Bin Bakr Bin Yusuf, hal.109, Darul Hadyil Muhammadi) . 

Kenapa demikian?
Karena kebanyakan penduduk desa itu jauh dari ilmu. Sehingga untuk menuntut ilmu pun harus mencari tempat lain yaitu di kota-kota. 

Yang kita saksikan,seringkali di desa itu ilmu tidak dimanfaatkan dan tidak dihargai, sehingga demi untuk menjaga keutuhan Islam dan agar ilmu ini tetap terpelihara, maka orang-orang berilmu itu pun banyak yang pindah ke kota karena di sana ilmu mereka disambut dengan baik sehingga mereka bisa mengajarkan ilmunya dengan mudah. 

Apa ada yang mau bertahan di desa, ya ada, tapi jarang yang bisa optimal dalam mengajar. Apalagi pola pikir penduduk desa yang sering kaku dan sulit diajak maju dan berpendidikan rendah. 

Jadi, ya silahkan dipertimbangkan matang-matang, pilih strategi jitu untuk mengajarkan ilmu ini kepada mereka. 

Ingat, Islam di awal-awal dulu saat Nabi -shallallahu alaihi wasallam- tinggal di Mekah, betapa sulit dakwah di sana, sampai Allah pun perintahkan beliau untuk hijrah ke Kota Madinah dan Islam pun jaya sampai saat ini, bahkan Mekah pun juga menjadi gudang ilmu sampai saat ini. 

Sambil memohon pertolongan kepada Allah, yuk terus berusaha mengajarkan ilmu ini. 

Wabillahit taufiq wal minnah
Ustadz ahmad muzaqi