Rabu, 06 Maret 2024

Apa hukumnya mengirim permintaan maaf via WA sebelum Ramadhan?

Di sebutkan sebuah pertanyaan:

Apa hukumnya  mengirim permintaan maaf via WA sebelum Ramadhan?

Jawab:

جميع الأعمال الصالحة سواء كانت من العبادات المحضة لله عز وجل كالصلاة والصيام ونحوها ، أو كانت من قبيل الإحسان إلى الخَلق = جميعها مطلوبة في كل وقت .

 ويتأكد الحث عليها في الأزمان الفاضلة ؛ وما فُضّلت هذه الأزمان إلا ليحصل التنافس فيها بجميع الأعمال الطيبة الصالحة .

ومن الأعمال الصالحة التي يشرع الحث عليها ، والتواصي بها : المسامحة ، ورفع العداوات

Semua amal shalih baik ibadah mahdhah seperti shalat, puasa dan semisalnya, atau ibadah yang berupa kebaikan kepada sesama makhluk...semua itu dituntut untuk dilakukan di setiap waktu.

Dan lebih ditekankan lagi jika hal tersebut terdapat pada waktu2 yang utama dan tidaklah waktu2 itu dikhususkan kecuali untuk memotivasi manusia agar berlomba-lomba dalam amal shalih. Dan termasuk amal shalih  yang kita dianjurkan untuk menjalankannya adalah: saling memaafkan dan mengangkat permusuhan...

Syaikh utsaimin rahimahullah berkata:

"لا شك أن النزاع والخصومة بين الناس سبب لمنع الخير ، ودليل ذلك: أن النبي صلى الله عليه وسلم خرج ذات ليلة إلى أصحابه في رمضان ليخبرهم بليلة القدر فتلاحى رجلان من الصحابة -أي: تخاصما- فرفعت، أي: رفع العلم بها في تلك السنة... ولذلك ينبغي للإنسان أن يحاول ألا يكون في قلبه غل على أحد من المسلمين" انتهى من "اللقاء الشهري" السادس والثلاثين..

 tidak diragukan lagi bahwa pertentangan dan permusuhan di antara manusia menjadi sebab terhalangnya seseorang dari kebaikan, dalil dari hal itu adalah: sesungguhnya rasulullah pernah keluar menuju para sahabat pada malam hari di bulan ramadhan untuk mengabarkan kepada mereka waktunya malam lailatul qodr...maka ada dua orang di antara sahabat yang saling bersengketa (bermusuhan) sehingga ilmu ttg malam lailatul qadar itu diangkat dan terlupakan, maka dari itu hendaknya seseorang berusaha menjadikan hatinya bersih dari benci dan dendam pada seorang muslim.

====

فالذي يبث روح التسامح ، ويطلب العفو ورد المظالم ، ويسعى في إبراء ذمته من الحقوق ويحث الناس على ذلك ، في رمضان أو غيره : لا شك أنه على بر وخير

Maka barang siapa yang menebarkan spirit saling memaafkan, saling meminta maaf, mengembalikan kezhaliman, dan  berusaha membebaskan tanggungannya dari hak2 orang lain, serta menganjurkan manusia untuk melakukan itu,  baik di dalam bulan ramadhan atau di luar ramadhan....tidak diragukan lagi sesungguhnya dia di atas kebajikan dan kebaikan.

 Kemudian kesimpulan fatwa:

أن مناسبة طلب المسامحة والخروج من المظلمة في هذا الزمن الفاضل : ظاهرة .

ولا يظهر لنا حرج، إن شاء الله، في التنويه بها في هذه المواسم ، أو التذكير بها والحث عليها

Sesungguhnya keterikatan atau kecocokan  "saling meminta maaf " pada momen atau waktu yang mulia tsb itu sangat nampak jelas.

Dan yang rajih bagi kami, perkara ini tidak ada masalah insya Allah...untuk diangkat diangungkan, dan diingat2kan pada waktu2 (momen2) tersebut..

Lihat selengkapnya: https://islamqa.info/ar/272580