Rabu, 29 April 2020

KARIR AKADEMIS DI UNIVERSITAS TIMUR TENGAH

KARIR AKADEMIS DI UNIVERSITAS TIMUR TENGAH

Prof. DR. Abdur Rahman asy-Syihriy menjelaskan secara ringkas urutan karir akademis di universitas Arab Saudi dari tingkat yang rendah sampai yang tinggi sebagai berikut :
1. Mu'id "معيد" (peneliti), keahlian yang harus dimiliki adalah lulusan S1 (bachelor).
2. Muhaadhir "مُحَاضِر" (lektor), keahlian yang harus dimiliki adalah lulusan S2 (Magister).
3. Ustadz Musaa'id "أستاذ مساعد" (asisstant profesor), keahlian yang harus dimiliki adalah lulusan S3 (Doktor).
4. Ustadz Musyaarik "أستاذ مشارك" (associate profesor), minimal ia telah bertugas 3.5 tahun lebih sebagai Muhaadhir, lalu ia telah mengirimkan 4 jurnal ilmiah untuk diterbitkan oleh kampus, jika disetujui terbit, maka setelah melewati masa tugasnya dapat diajukan untuk promosi dari Ustadz Musaa'id ke Ustadz Musyaarik kepada majelis ilmiah. Jika sudah diangkat sebagai Ustadz Musyaarik, maka ia dapat menguji dan membimbing disertasi mahasiwa doktoral.
5. Ustadz "أستاذ" (Profesor), minimal telah mengabdi sebagai ustadz musyaarik selama 3.5 tahun atau lebih dan sudah membuat minimalnya 6 jurnal ilmiah. Kemudian setelah terpenuhi syarat-syaratnya dapat dipromosikan ke derajat Ustadz kepada majelis ilmi. 

Asy-Syaikh asy-Syihriy sendiri lulus S1 jurusan syariah Universitas Ibnu Sa'ud cabang Januub dan menjadi Mu'id pada tahun 1414/1415 H. Lalu lulus Magister jurusan Al Qur`anul Karim di Universitas Ibnu Sa'ud dan menjadi Muhaadhir pada tahun 1419/1420 H. Kemudian lulus Doktor pada jurusan dan kampus yang sama pada tahun 1425 H dan diangkat Ustadz Musaa'id pada tahun 1427 H, kemudian promosi menjadi Ustadz Musyaarik pada tahun 1431 dan puncak karirnya sebagai Profesor (Ustadz) pada tahun 1435 H. 

Selain sebagai guru besar Ilmu Al Qur`an Universitas Malik Su'ud, mulai tahun 1439 H sampai sekarang, beliau aktif di Rabithah Alam Islamiyyah menjadi anggota pengkaji Al Qur`an dan as-Sunnah.

Abu Sa'id Neno Triyono