#๐๐๐๐
๐๐_๐๐๐๐๐๐
#๐
๐๐๐๐๐_๐๐๐๐๐
Inilah aqidah dan manhaj kita dalam bab takfir, dan ini beberapa nukilan dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Al Hafidz Ibnu Hajar rahimahumallah.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam :
ุงูุชَّْูููุฑُ ุญُْูู
ٌ ุดِุฑْุนٌِّู َูุฑْุฌِุนُ ุฅَِูู ุฅุจَุงุญَุฉِ ุงْูู
َุงِู َูุณَِْูู ุงูุฏِّู
َุงุกِ َูุงْูุญُْูู
ِ ุจِุงْูุฎُُููุฏِ ِูู ุงَّููุงุฑِ
"Vonis takfir adalah hukum syar'i yang akibatnya menjadikan harta dan darah seseorang halal, dan kekal di neraka". (Bugyatul Murtad, hal. 345, cet. Maktabah Ulum wal Hikam, 1408 H)
Dalam kesempatan lain Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah juga menegaskan :
َْููุณَ ِูุฃَุญَุฏِ ุฃَْู َُِّูููุฑَ ุฃَุญَุฏًุง ู
ِْู ุงْูู
ُุณِْูู
َِูู َูุฅِْู ุฃَุฎْุทَุฃَ َูุบَِูุทَ ุญَุชَّู ุชَُูุงู
َ ุนََِْููู ุงْูุญُุฌَّุฉُ َู ุชُุจَََّูู َُูู ุงْูู
َุญَุฌَّุฉُ. َูู
َْู ุซَุจَุชَ ุฅูู
َุงُُูู ุจَِِِูููู َูู
ْ َูุฒُْู ุฐََِูู ุนَُْูู ุจِุงูุดَِّّู، ุจَْู َูุง َูุฒُُูู ุฅَّูุง ุจَุนْุฏَ ุฅَูุงู
َุฉِ ุงْูุญُุฌَّุฉِ َูุฅِุฒَุงَูุฉِ ุงูุดُّุจَْูุฉِ
"Tidak boleh bagi seseorang mengkafirkan orang lain dari kaum muslimin, meskipun ia melakukan kesalahan dam kekeliruan sampai ditegakkan hujjah kepadanya dan dijelaskan kepadanya bukti. Barangsiapa yang telah tetap keislamannya dengan yakin maka tidak hilang darinya dengan keraguan, bahkan tidak hilang kecuali telah ditegakkan hujjah dan dihilangakan syubhatnya". (Majmu' Fatawa 12/501, cet Mujamma' Malik Fahad, 1425 H)
Beliau juga menyebutkan kaidah yang sangat penting :
َูุงูุชَِّْูููุฑُ َูุฎْุชَُِูู ุจِุญَุณَุจِ ุงุฎْุชِูุงِู ุญَุงِู ุงูุดَّุฎْุตِ، ََْูููุณَ ُُّูู ู
ُุฎْุทِุฆٍ َููุง ู
ُุจْุชَุฏَุนٍ َููุง ุฌَุงٍِูู َููุง ุถَุงٍّู َُُูููู َูุงِูุฑًุง؛ ุจَْู َููุง َูุงุณًِูุง، ุจَْู َููุง ุนَุงุตًِูุง
"Vonis takfir itu berbeda sesuai dengan keadaan individu, karena tidak semua yang melakukan kesalahan, mubtadi', jahil, orang sesat otomatis pasti menjadi kafir. bahkan tidak pula orang fasik dan ahli maksiat". (Majmu' Fatawa 12/180, cet. Mujamma' Malik Fahad, 1425 H)
Al Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah juga membawakan kaidah yang sama :
ู
َْู ุซَุจَุชَ َُูู ุนَْูุฏ ุงْูุฅِุณَْูุงู
ุจٍَِِูููู َูู
ْ َูุฎْุฑُุฌ ู
ُِْูู ุฅَِّูุง ุจٍَِِูููู
"Barangsiapa yang telah tetap ikatan islamnya dengan yakin, maka tidak keluar dari islam kecuali dengan yakin". (Fathul Baari 16/192, cet. Dar Thibah, 1426 H).
Ingatlah bahwa Ahlus Sunnah Salafiyyun bukan pertama kali divonis kafir oleh ahlul ahwa', bahkan para shahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam dan yang paling terdepan adalah -Khalifah Utsman bin Affan, Khalifah Ali bin Abi Thalib, Aisyah, Abu Musa, Muawiyah dll-,.
Kita jangan lupakan sejarah bahwa virus takfir ini sudah muncul dimasa para shahabat, ketika kaum Khawarij mengkafirkan sebagian shahabat, kaum Syiah Rafidhah mengkafirkan mayoritas shahabat, kemudian berlanjut kaum gulatu Sufiyah mengkafirkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Ibnul Qayyim, Ad Dzahabi, Muhammad bin Abdul Wahhab. bahkan munculnya gerakan Ikhwanul Muslimin (IM) adalah membawa bendera TAKFIR -baik lewat pendirinya atau Sayyid Qutub-, yang akhirnya diwarisi kelompok-kelompok sempalan IM spt. Jamaah Islamiyah (JI), Quthbiyah, Al Qaidah, Anshar Daulah, ISIS. selain daripada itu hari ini banyak juga yang membawa bendera takfir ini, tapi kadang masih "abu-abu, malu-malu" tapi pada akhirnya akan memuntahkan isi perutnya yang terpendam kebenciannya kepada Ahlis Sunnah Salafiyyin.
๐Faidah dari para masyayikh :
1. Takfir itu hukum Syar'i.
2. Memvonis kafir itu berat maka butuh pada hujjah dan terpenuhi syarat-syaratnya.
3. Belajarlah pada Ahlul ilmi yang jelas aqidah dan manhajnya, bukan sekedar popularitas atau bagus retorikanya.
4. Tidak ada jaminan pasti selamat aqidah dan manhaj, maka pentingnya menjaga diri.
5. Ghuluw dalam Tahdzir dan Tabdi' dapat menjerumuskan seseorang dalam Takfir serampangan.
6. Pergaulan dan persahabatan yang salah sangat berperan besar dalam mengelincirkan ke dalam bid'ah.
7. Harokiyyun Hizbiyyun pengaruh dan bahayanya sangat besar.
8. Vonis takfir dari orang jahil atau ahlil ahwa' maka jangan dibalas dengan takfir yang sama, kalo tidak maka akan sama-sama menjadi takfiriyyun.
9. Sekali lagi pentingnya selektif dalam mencari guru, terlebih dalam bab aqidah dan manhaj.
ููููู ุงููู ูุฅูุงูู
ูู ุทูุจ ุงูุนูู
ุงูุดุฑุนู ูุงูุนู
ู ุจู ูุงูุงุณุชูุงู
ุฉ ุนููู.
๐๐ฑ_________
๐Kitab "Fitnatu At Takfir" ini ๐Kenangan dan Faidah waktu belajar kepada Syaikhuna Al Waalid Abu Abdillah Adil As Surbajiy ุญูุธู ุงููู pada tahun 2004, semoga Allah menjaga Beliau dan memberkahi dakwahnya,.
๐ปWeb Syaikhuna hafidzahullah :
http://alshorbagy.net/%D8%A7%D9%84%D8%B3%D9%84%D8%A7%D8%B3%D9%84-%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%AF%D8%B1%D9%88%D8%B3
Ust Muhammad Alif lc