Kamis, 23 April 2020

Ingin Salat Tarawih di Rumah Bersama Anak-anak Tapi Hafalan Quran Pas-pasan, Bagaimana Solusinya?

Ingin Salat Tarawih di Rumah Bersama Anak-anak Tapi Hafalan Quran Pas-pasan, Bagaimana Solusinya? 

* * * * * 

Solusinya adalah melaksanakan/mengimami salat Tarawih sambil membaca Quran dari mushaf. Boleh nggak nih hukumnya seperti itu? Boleh. Yang membolehkan di antaranya Imam Malik. 

وقال سحنون: وقال مالك: لا بأس بأن يؤم الإمام بالناس في المصحف في رمضان وفي النافلة. قال ابن القاسم: وكره ذلك في الفريضة 

Suhnun berkata: Imam Malik berfatwa: Boleh seseorang mengimami manusia dengan membaca Quran dari mushaf ketika (salat Tarawih) bulan Ramadan dan/atau ketika salat sunnah (lainnya). Ibn al-Qasim berkata: Namun hal itu dimakruhkan untuk salat wajib/fardu. [Ref.: Al-Mudawwanah, vol. I, hlm. 224, via islamqa(dot)info.] 

Jadi, bagaimana untuk salat Isya, apakah baca dari mushaf juga? Kalau salat Isya, berdasarkan fatwa di atas, sebaiknya bacaannya dari hafalan saja, sesuai kemampuan. 

Kalau pakai ponsel bagaimana? Sebaiknya jangan. Khawatirnya malah baca pesan WA yang masuk, notifikasi FB, dll. :D 

Selain itu, kalau saya, untuk lebih menghindari gerakan memegang dan membolak-balik mushaf, maka saya usahakan untuk menyiapkan mushaf berukuran besar berikut peralatan penunjang lainnya, sebagaimana foto yang terlampir. 

Demikian, semoga bermanfaat. Allahu a’lam. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat limpahan rahmat dan ampunan-Nya di bulan Ramadhan ini.   

23/04/2020, bertepatan 1 Ramadan 1441 H 
Adni Abu Faris