Kamis, 23 April 2020

Jangan Lupa Baca Doa Ketika Melihat Hilal

๐ŸŒ™ Jangan Lupa Baca Doa Ketika Melihat Hilal

Diantara sunnah yang diajarkan Rasulullah apabila memasuki awal setiap bulan adalah membaca doa ketika melihat hilal, yaitu:

ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَูƒْุจَุฑُ
 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَู‡ِู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู†َุง ุจِุงู„ْุฃَู…ْู†ِ ูˆَุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†ِ ูˆَุงู„ุณَّู„َุงู…َุฉِ ูˆَุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ูˆَุงู„ุชَّูˆْูِูŠู‚ِ ู„ِู…َุง ูŠُุญِุจُّ ุฑَุจُّู†َุง ูˆَูŠَุฑْุถَู‰ ุฑَุจُّู†َุง ูˆَุฑَุจُّูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُ
Artinya:
"Allahu akbar! 
Ya Allah, nampakkan hilal kepada kami dengan keamanan dan  keimanan, keselamatan dan Islam, dan taufiq untuk melakukan apa yang dicintai dan diridhai Tuhan kami. Tuhan kami dan Tuhan kalian adalah Allah." (HR.Ad Darimi 1729, dishahihkan oleh Al Imam Al Albani)

• Apabila dimalam pertama tidak dapat melihat hilal, maka lihatlah pada malam kedua dan ketiga. Apabila ia melihatnya, maka hendaklah ia membaca doa diatas. Karena hilal itu disebut untuk bulan yang berada pada malam pertama, kedua dan ketiga. Hal ini sebaimana yang dikatakan oleh Al Mubarakfuri ia berkata:

ูˆู‡ูˆ ูŠูƒูˆู† ู…ู† ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ูˆุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ูˆุงู„ุซุงู„ุซุฉ
"Dan dia (hilal) berada pada malam pertama, kedua da. Ketiga..."(Tuhfatul Ahwadzi, Syarah Hadits At Tirmidzi no 3451).

Asy Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr berkata:

ู„ุงุชู†ุณู‰ ุฅุฐุง ุฏุฎู„ ุฑู…ุถุงู† ูˆู‡ู„ّ ู‡ู„ุงู„ู‡، ุฃู† ุชุฏุนูˆ ุจุฏุนูˆุฉ ู…ุดุฑูˆุนุฉ ู„ูƒ ููŠ ูƒู„ ุดู‡ุฑ ูˆูŠุดุฑุน ู„ู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠู‚ูˆู„ู‡ุง ูƒู„ู…ุง ุฑุฃู‰ ุงู„ู‡ู„ุงู„. ู…ู† ุฃูˆู„ ูƒู„ ุดู‡ุฑ ูุงู„ูŠุญุฑุต ุนู„ูŠู‡ุง ููŠ ูƒู„ ุดู‡ุฑ ูˆุฑู…ุถุงู† ุฎุขุตุฉ. ูุงุฏุนูˆ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุฃู† ูŠู‡ู„ ุนู„ูŠู‡ ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑ ุงู„ุนุธูŠู… ูˆู…ูˆุณู… ุงู„ูƒุฑูŠู… ุจุงู„ุงู…ู† ูˆุงู„ุฅูŠู…ุงู† ูˆุงู„ุณู„ุงู…ุฉ ูˆุงู„ุงุญุณุงู†"
"Ketika Ramadhan telah masuk dan hilalnya telah terlihat, jangan lupa dengan doa yang disyariatkan untuk diucapkan ketika melihat hilal disetiap bulannya. Berusahalah untuk membacanya pada awal setiap bulan secara umum, dan pada bulan Ramadhan secara khusus.
Berdoalah kepada Allah agar menjadikan hilal bulan yang agung dan musim yang mulia (bulan Ramadhan) ini dengan keamanan dan keimanan, dengan keselamatan dan kebaikan"
(Diterjemahkan dari salah satu ceramah beliau -ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡-).

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita didalam menjalankan ketaatan serta memaksimalkannya pada bulan Ramadhan ini, serta menerima amal ibadah yang kita kerjakan selama kita berada didalamnya.

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, dan ia adalah bulan yang diberkahi"
Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H.

Madinah An Nabawiyyah
๐Ÿ–‹Yami Amanda Cahyanto