Selasa, 05 Maret 2024

harga bahan pokok naik, apakah sebaiknya pembayaran zakat dipercepat?

harga bahan pokok naik, apakah sebaiknya pembayaran zakat dipercepat? 

Sekarang kita sedang menghadapi masa dimana harga-harga bahan pokok kebutuhan masyarakat sedang melonjak naik, bahkan ada daerah yang menghadapi harga beras Rp 20.000,- per kg. Maka disaat sulit seperti ini salah satu solusi yang bisa dilakukan bagi kita yang sudah wajib zakat adalah bayar zakat sekarang(ditambah lagi sebentar lagi ramadhan jadi bisa menjadi insentif mempercepat pembayaran zakat). 

Hal ini diperbolehkan oleh jumhur ulama terutama jika maslahat itu jelas apalagi di kondisi yang sangat pas(ada maslahat dan dekat ramadhan) untuk mengeluarkan zakat lebih cepat. Hal ini disebutkan oleh imam Ibnu Taimiyah sebagai berikut:
يجوز تعجيل الزكاة قبل وجوبها بعد وجود سبب الوجوب عند جمهور العلماء منهم الأئمة: أبو حنيفة والشافعي وأحمد، فيجوز تعجيل زكاة الماشية، والنقدين، وعروض التجارة، إذا ملك النصاب
Boleh mempercepat (pembayaran) zakat sebelum menjadi wajib(dengan adanya haul), setelah ada alasan wajibnya(nishab) menurut mayoritas ulama, antara lain para imam: Abu Hanifah, Al-Syafi'i, dan Ahmad. Boleh mempercepat(pembayaran) zakat hewan, uang , dan barang dagang jika memenuhi nishab.

Maka alangkah baiknya bagi kita menyiapkan zakat kita saat ini dan di bulan Ramadhan dengan niat membantu saudara-saudara kita yang kesulitan, dan semoga hal itu juga semakin menambah pahala zakat kita. 

Wallahu a'lam

sumber:
https://www.islamweb.net/ar/fatwa/6497/%D8%AA%D8%B9%D8%AC%D9%8A%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%B2%D9%83%D8%A7%D8%A9-%D9%84%D9%84%D9%85%D8%B5%D9%84%D8%AD%D8%A9-%D8%AC%D8%A7%D8%A6%D8%B2
Ustadz devin halim wijaya