Kamis, 19 Maret 2020

Zina & Ikhtilat adalah Di Antara Sebab Tersebarnya Wabah/Virus Menular

Menebar Faedah (77)

Zina & Ikhtilat adalah Di Antara Sebab Tersebarnya Wabah/Virus Menular

Berkata Al-Allamah Ibnul-Qayyim rahimahullah;

ﻭﻻ ﺭﻳﺐ ﺃﻥ ﺗﻤﻜﻴﻦ اﻟﻨﺴﺎء ﻣﻦ اﺧﺘﻼﻃﻬﻦ ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ: ﺃﺻﻞ ﻛﻞ ﺑﻠﻴﺔ ﻭﺷﺮ، ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺃﻋﻈﻢ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﻧﺰﻭﻝ اﻟﻌﻘﻮﺑﺎﺕ اﻟﻌﺎﻣﺔ، ﻛﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﻣﻦ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﻓﺴﺎﺩ ﺃﻣﻮﺭ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﻭاﻟﺨﺎﺻﺔ، ﻭاﺧﺘﻼﻁ اﻟﺮﺟﺎﻝ ﺑﺎﻟﻨﺴﺎء ﺳﺒﺐ ﻟﻜﺜﺮﺓ اﻟﻔﻮاﺣﺶ ﻭاﻟﺰﻧﺎ، ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺃﺳﺒﺎﺏ اﻟﻤﻮﺕ اﻟﻌﺎﻡ، ﻭاﻟﻄﻮاﻋﻴﻦ اﻟﻤﺘﺼﻠﺔ.
Tidak diragukan lagi bahwa leluasanya para wanita berikhtilat (campur baur) dengan laki-laki adalah sumber banyak petaka dan keburukan, dan termasuk sebab terbesar turunnya adzab yang menyeluruh, juga termasuk di antara sebab kerusakan urusan umum dan khusus (di tengah masyarakat). Ikhtilat antara laki-laki dan wanita adalah sebab banyaknya praktek kekejian dan zina, dan ini termasuk di antara sebab kematian massal dan tha'un (wabah-wabah) yang menular.

Beliau berkata:
فمن أعظم أسباب الموت العام: كثرة الزنا، بسبب تمكين النساء من اختلاطهن بالرجال، والمشي بينهم متبرجات متجملات، 

Di antara sebab terbesar kematian massal adalah banyaknya perzinahan, yang disebabkan leluasanya para wanita berikhtilat (campur baur) dengan laki-laki, berjalan dalam keadaan tabarruj (pamer kecantikan dan perhiasan) dan berdandan di tengah-tengah mereka (laki-laki). 

ولو علم أولياء الأمر ما في ذلك من فساد الدنيا والرعية - قبل الدين - لكانوا أشد شيء منعاً لذلك

Kalau para ulil-amri (penguasa) mengetahui kerusakan yang ditimbulkannya pada dunia dan rakyat -sebelum kerusakan agama- sungguh mereka adalah orang yang sangat keras melarangnya.

📚(At-Thuruq Al-Hukmiyyah:1/239)

✍️Abu Muhammad Pattawe hafizhahullah.

Luwuk, Banggai.