Sabtu, 21 Maret 2020

Biografi Asy Syaikh Abdussalam bin Barjas Alu Abdil Karim

Biografi Asy Syaikh Abdussalam bin Barjas Alu Abdil Karim

Ditulis oleh: Wira Mandiri Bachrun

Beliau adalah Asy Syaikh DR. Abdussalam bin Barjas bin Nashir Alu Abdil Karim rahimahullah. Asy Syaikh dilahirkan di Riyadh tahun 1387 H. 

Di antara guru beliau:

- Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz, mufti Kerajaan Saudi Arabia

- Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

- Asy Syaikh Abdurrahman bin Jibrin

- Asy Syaikh Abdullah bin Ahmad Ad Duwaisy

- Asy Syaikh Shalih bin Abdurrahman Al Athram

- Asy Syaikh Fahd Al Hamin

- Asy Syaikh Abdullah bin Qu’ud

- Asy Syaikh Abdullah bin Ghudayaan

- Asy Syaikh Shalih bin Ibrahim Al Bulaihi

- Asy Syaikh DR. Abdul Karim Al Hudhair

- Asy Syaikh Prof. DR. Abdul Muhsin bin Muhammad Al Munif

Jenjang Akademik Beliau

Setelah menamatkan pendidikan agama beliau di Ma’had Ilmi (setingkat SMA), beliau melanjutkan belajar di kuliah Syariah di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud. Setelah meraih gelar sarjana, beliau mengajar di Al Qawi’iiyah, sebuah kota yang berjarak sekitar 170 km dari Riyadh. Setelah itu Asy Syaikh melanjutkan studi beliau di program magister di Ma’had Ali lil Qadha, yaitu sekolah tinggi yang diperuntukkan bagi para hakim. Beliau pun menyelesaikan magister beliau di sana. 

Setelah studinya, Syaikh sempat ditunjuk untuk menjadi hakim, namun beliau mengundurkan diri dan menjadi dosen di almamater beliau (Ma’had Ali lil Qadha) sambil melanjutkan studi di program doktoral. 

Beliau pun menyelesaikan doktoralnya di usia 35 tahun dengan disertasi berjudul Tahqiq Kitab Al Fawaid Al Muntakhabat Syarh Akhsaril Mukhtasharat karya Asy Syaikh Utsman bin Jami’. Yang menjadi dosen pembimbing beliau ketika itu adalah Asy Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, mufti Kerajaan Saudi Arabia. Asy Syaikh Abdussalaam kemudian mengajar di Ma’had Ali sampai meraih jabatan ustadz musa’id (associate professor) di kampus tersebut.

Karya-karya Beliau

Walaupun usia beliau masih relatif muda, Asy Syaikh telah menghasilkan banyak karya ilmiyah. Selain tesis dan disertasi yang beliau susun, karya beliau lainnya adalah:

- Awaiqut Thalab, yaitu kitab yang terjemahannya ada di hadapan kita sekarang. Beliau tulis di tahun 1409 H saat beliau baru berusia 22 tahun.

- Mu’amalatul Hukkam, kitab yang berbicara tentang bagaimana hubungan antara rakyat dan pemimpin negara

- Al I’lam bi Ba’dhi Ahkamis Salam, kitab yang membahas tentang hukum salam

- Al Masyru’ wal Mamnu’ minat Tawassul, membahas tawassul yang diperbolehkan dalam syariat dan yang dilarang

- Al Ahadits An Nabawiyyah fi Dzammil Unshuriyyah Al Jahiliyyah, membahas hadits-hadits yang mencela fanatisme kebangsaan. Kitab ini diberi kata pengantar oleh Asy Syaikh DR. Shalih Al Fauzan.

- Al Hujajul Qawiyyah ‘ala anna Wasailad Da’wah Tauqifiyyah, menegaskan bahwa metode dakwah hendaknya tidaklah keluar dari apa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

- Al Qaulul Mubin fi Hukmil Istihza’ bil Mu’minin, kitab yang berkenaan tentang hukum mengolok-ngolok sesama mukmin ini ditulis di tahun 1410 H, saat Syaikh berusia 23 tahun. Kitab ini diteliti ulang dan diberi kata pengantar oleh Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

- Dharuratul Ihtimam bi As Sunan An Nabawiyyah, tentang pentingnya berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

- Dan banyak kitab lainnya. Al Akh Farid Al Muradi menghitung karya beliau sekitar 30 kitab yang bermanfaat.

Apa yang kami lihat dari karya beliau, karya beliau ini seperti jurnal akademik. Setiap kali ada nukilan, beliau sertakan rujukannya. Dengan mudah kita akan dapati di kitab apa, jilid berapa dan halaman berapa, walaupun terkadang kami dapati penukilan beliau dilakukan dengan parafrase (menukil secara makna).

Wafat Beliau

Beliau wafat karena kecelakaan pada perjalanan dari Al Ahsa ke Riyadh di tanggal 14 bulan shafar tahun 1425 H di usia yang masih relatif muda, 38 tahun. Semoga Allah mengampuni Asy Syaikh Abdussalam bin Barjas dan memasukkan beliau dan kita semua ke dalam surganya.

Referensi:
- Biografi beliau yang ditulis oleh Hani bin Salim Al Husaini Al Haritsi
- Rekaman kajian kitab Awaiqut Thalab bersama Asy Syaikh DR. Muhammad Hisyam Thohiri

Ditulis di Yogya, 27 Rajab 1441 H.
Ustadz Wira mandiri bachrun