Jumat, 20 Maret 2020

Keseimbangan

Keseimbangan

Ibnu Taimiyah setelah menceritakan kisah pengiriman pasukan Yazid bin Abi Sufyan oleh Abu Bakar ke Syam, mengatakan :
"Amru bin Ash salah satu panglima Islam (di Syam), sebagaimana Abu Ubaidah, dan (Abu Bakar) mendahulukan Khalid bin Walid karena keberanian, dan manfaatnya dalam Jihad. 
Ketika Abu Bakar wafat, Umar mengangkat Abu Ubaidah sebagai panglima tertinggi (di Syam) ; karena Umar cenderung keras dalam hak Allah hingga mengangkat Abu Ubaidah; karena ia lembut. 
Sebelumnya, Abu Bakar dikenal lembut, sedangkan Khalid bin Walid keras kepada kaum kafir sehingga orang lembut (Abu Bakar) mengangkat yang keras (Khalid), sedangkan yang keras (Umar) mengangkat yang lembut (Abu Ubaidah) agar perkaranya seimbang".

📚 Majmu Fatawa, 4/293.
---------------------------------------------------------
Keempat orang tersebut: Yazid bin Abi Sufyan, Amru bin Ash, Abu Ubaidah, dan Syurahbil bin Hasanah dikirim Abu Bakar ke Syam, ketika pasukan Romawi menyusun kekuatan besar, Abu Bakar memerintahkan Khalid bin Walid sebagai bala bantuan ke Syam setelah sebelumnya berjihad di Irak, kelak di bawah Khalid sebagai panglima, kaum muslimin menang gilang-gemilang dalam Perang Yarmuk (13 H) sebagai perang terpenting di Syam. 

#Serpihan Sejarah Islam#
Al akh ezedin luthfi