Kamis, 02 Mei 2024

al Allāmah Asy Syinqīthī rahimahullāh, penulis kitab tafsir Adwā'ul Bayān*, sangat zuhud terhadap harta duniawi,

al Allāmah Asy Syinqīthī rahimahullāh, penulis kitab tafsir Adwā'ul Bayān*, sangat zuhud terhadap harta duniawi, bahkan saking zuhudnya beliau tidak mengenal sejumlah uang kertas. Hal ini sebagaimana dikisahkan oleh Dr. Bakr Abu Zaid, murid beliau. Setiap beliau menerima gaji dari Univ. Islam Madinah tempat beliau mengajar maka beliau berikan kepada Abdullāh putera beliau : " Ambil secukupnya untuk kebutuhan keluarga, dan selebihnya sedekahkan kepada orang orang fakir ! " kata beliau kepada puteranya.
Dr. Bakr bercerita suatu kali ia melihat beliau memakai sepasang sandal yang selen (beda warna). 
Wahai syaikh, seandainya saja anda mencetak komersial kitab anda Adwāul Bayān setidaknya ada akan mendapatkan royaltinya ?!. Saran Dr. Bakr.
Tetapi jawaban beliau : " Aku tidak akan mengkomersialkan penjelasanku terhadap Al Qur'an. Tidak mungkin akan ada yang lancang mencetak kitabku ini kemudian dikomersialkan dan aku mendoakan keburukan kepada orang itu ...".
_______
*) bihamdillah saya sempat membaca kehebatan beberapa topic dari kitab tafsir beliau ini untuk belajar penerapan kitab beliau al mudzakkirah dan syarh marāqi su'ud dalam disiplin ushul fiqhi.
Ustadz jabir