Kamis, 09 Mei 2024

Di antara lembah kebatilan yang paling luas adalah sikap guluw (berlebihan) terhadap para tokoh

Dalam kitab beliau at-Tankil Bima Fi Ta’nibil Kautsari Minal Abathil (jilid 1 halaman 8, cetakan Dar 'Alamil Fawaid), Syaikh Abdurrahman bin Yahya al-Mu’allimi al-Yamani rahimahullah (wafat 1386 hijriah) berkata:

مِنْ ‌أَوْسَعِ ‌أَوْدِيَةِ الْبَاطِلِ الْغُلوُّ فِي الْأَفَاضِلِ، وَمِنْ أَمْضَى أَسْلِحَتِهِ أَنْ يَرْمِيَ الْغَالِي كُلَّ مَنْ يُحَاوِلُ رَدَّهُ إِلَى الْحَقِّ بِبُغْضِ أُولَئِكَ الْأَفَاضِلِ وَمُعَادَاتِهِمْ.

“Di antara lembah kebatilan yang paling luas adalah sikap guluw (berlebihan) terhadap para tokoh. Kemudian di antara senjata pamungkas kebatilan yaitu orang yang guluw tersebut menuduh setiap orang yang berusaha menuntunnya untuk kembali kepada kebenaran dengan tuduhan membenci dan memusuhi para tokoh tersebut.”

Masih dalam kitab yang sama (jilid 1 halaman 16) beliau rahimahullah juga berkata:

إِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ مُغْرَوْنَ بِتَقْلِيدِ مَنْ يَعْظُمُ فِي نُفُوسِهِمْ وَالْغُلُوِّ فِي ذَلِكَ، حَتَّى إِذَا قِيلَ لَهُمْ: إِنَّهُ غَيْرُ مَعْصُومٍ عَنِ الْخَطَأِ، وَالدَّلِيلُ قَائِمٌ عَلَى خِلَافِ قَوْلِهِ فِي كَذَا، فَدَلَّ ذَلِكَ عَلَى أَنَّهُ أَخْطَأَ، وَلَا يَحِلُّ لَكُمْ أَنْ تَتْبَعُوهُ عَلَى مَا أَخْطَأَ فِيهِ، قَالُوا: هُوَ أَعْلَمُ مِنْكُمْ بِالدَّلِيلِ، وَأَنْتُمْ أَوْلَى بِالْخَطَأِ مِنْهُ، فَالظَّاهِرُ أَنَّهُ قَدْ عَرَفَ مَا يَدْفَعُ دَلِيلَكُمْ هَذَا.

“Sesungguhnya kebanyakan orang terpedaya dengan sikap fanatik dan guluw terhadap orang yang mereka tokohkan. Sehingga ketika dikatakan kepada mereka, “Beliau itu tidak ma’shum dari kesalahan, dan dalil telah nyata menyelisihi pendapat beliau dalam masalah itu, yang artinya beliau salah, sehingga tidak boleh bagi kalian untuk mengikuti beliau dalam kesalahan tersebut,” mereka justru akan menjawab, “Beliau lebih ngerti dalil daripada kalian. Justru kalianlah yang salah. Dan sepertinya beliau juga sudah tahu bagaimana membantah argumentasi kalian itu.”

*****

Sebuah realita.

Semoga Allah jadikan kita tunduk di hadapan kebenaran.
Ustadz zainul arifin