Selasa, 07 Mei 2024

Nifaq Amali

*Nifaq Amali*

Nifaq amali adalah nifaq ashgar, yang tidak mengeluarkan pelakunya dari agama Islam, yaitu nifaq amali yang ada pada lahiriyahnya saja, tidak pada batinnya (dzhahirnya jelek tapi batinnya masih baik), seperti kalau dia berbicara berdusta, berjanji tidak menepati, dan lain-lain sebagaimana nanti akan dibahas. Berbeda dengan nifaq i’tiqadi batinnya (hatinya) rusak (kufur), sementara dzahirnya baik (menampakkan keislaman, melaksanakan shalat, dan lain-lain).

Nifaq amali ada lima macam, dan setiap macam dari macam-macam ini adalah kemunafikan (bohong adalah kemunafikan, tidak menepati janji adalah kemunafikan, berkhianat adalah kemunafikan dan seterusnya). Jika lima macam nifaq ini atau sebagian besar darinya terkumpul pada seseorang, maka dikhawatirkan dia akan jatuh dalam nifaq akbar yang mengeluarkan pelakunya dari agama Islam. Karena nifaq ashgar adalah sarana yang bisa mengantarkan kepada nifaq akbar, sebagaimana kemaksiatan-kemaksiatan adalah pengantar kekufuran.

Sebagaimana dikhawatirkan bagi orang yang terus-menerus melakukan kemaksiatan akan dicabut darinya iman ketika hendak meninggal dunia. Maka demikian pula dikhawatirkan bagi orang yang terus-menerus memiliki sifat-sifat kemunafikan atau salah satu sifatnya akan dicabut darinya iman sehingga dia menjadi orang munafik tulen, dan terjerumus dalam nifak akbar sementara dia tidak menyadarinya. Waliyadzubillah.
Di tulis oleh ustadz amir as Soronji lc mpdi