Minggu, 12 Mei 2024

Sekilas tentang asy'ariyah

Sekilas tentang asy'ariyah

Telah keliru orang yang mengira bahwa perbedaan ahlu sunnah dengan asy'ariyah hanya dalam masalah asma' wa shifat. perbedaannya banyak dan mencakup masalah ushul pokok aqidah ahlu sunnah, dan bukan sekedar masalah furu', diantaranya definisi iman, tentang al-qur'an kalamullah, tentang qadar, tentang perbuatan makhluk dan sababiyah, tentang hikmah Allah, termasuk tentang masdar talaqqi (sumber pengambilan) dalam aqidah, dan lain sebagainya.

Lah lalu bagaimana dengan para ulama semisal imam nawawi, imam ibnu hajar al asqolani dan lainnya?, jawabnya bedakan antara ulama asya'irah dengan ulama ahlu sunnah yang terpengaruh pemahaman asy'ariyah wa bil khusus dalam bab asma' wa shifat. Ulama ulama diatas adalah ulama ahlu sunnah yang terpengaruh aqidah asy'ariyah dalam sebagian bab saja.

Kalau begitu mayoritas umat islam menyimpang dong, kan mayoritas asy'ariyah?, kata siapa mayoritas asy'ariyah?, coba jelaskan tentang definisi iman bahwa iman adalah pembenaran dalam hati, ucapan di lisan dan amalan perbuatan. Apakah mayoritas kaum muslimin menolaknya?, jawabnya tidak karena mayoritas kaum muslimin bukanlah asy'ariyah. Demikian pula tanyakan kepada mayoritas kaum muslimin, al-quran itu kalamullah yang bisa didengar oleh makhukNya atau kalamunnafsi?, apakah nabi musa pernah mendengar firman Allah berupa suara yang bisa didengar?, pasti mayoritas jawabannya adalah jawaban aqidah ahlu sunnah. Belum lagi perkataan umumnya manusia "kita serahkan semuanya kepada Dia yang Diatas".

Memang asy'ariyah adalah yang paling dekat dengan ahlu sunnah wal jama'ah jika dibanding dengan rafidhah, jahmiyah, mu'tazilah dll. Tapi bukan berarti perbedaannya hanyalah masalah furu', namun sudah mencakup masalah ushul aqidah ahlu sunnah. 

Bagi yang ingin mempelajari lebih dalam bisa membaca kitab asya'irah fii mizan ahli sunnah (asy'ariyah dalam timbangan ahlu sunnah) karya syaikh faishal ibn qozar al jaazim hafizahullah ataupun yang bahasa indonesia ada buku abul hasan al asy'ari imam yang terzhalimi karya ustadz agus hasan bashori hafizahullah.
Ustadz iib