Jumat, 19 Januari 2024

Seseorang dari kalangan Ahlussunnah adalah manusia biasa, bisa salah dan benar, karena dia bukan malaikat- Akan tetapi manhaj Ahlussunah wal Jama'ah itu ma'shum (terjaga) dari kesalahan dan pokok ajarannya itu jelas

- Seseorang dari kalangan Ahlussunnah adalah manusia biasa, bisa salah dan benar, karena dia bukan malaikat
- Akan tetapi manhaj Ahlussunah wal Jama'ah itu ma'shum (terjaga) dari kesalahan dan pokok ajarannya itu jelas
(قناة القرآن والسنة بفهم سلف الامة)

Perkataan diatas senada dengan apa yang di nasehatkan oleh Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili hafidzahullah

"Wahai Pengikut Sunnah (dari kalangan laki laki dan perempuan), sesungguhnya Sunnah itu bersih, suci, dan murni. Dan engkau bukanlah orang yang ma'shum (terhindar dari dosa).
Maka bersungguh sungguhlah engkau untuk menjadi orang yang bersih, suci, murni, dan bertaqwa. Janganlah engkau tertipu walaupun sudah menjadi pengikut Sunnah, kemudian engkau lalai dalam kesendirianmu sehingga menjadi mangsanya syaithan. 
Apabila tergelincir dalam kesalahan, bertaubatlah kepada Allah, periksa terus hatimu, dan jangan pernah bosan untuk berdoa kepada Allah senantiasa minta hidayah dan ketetapan . 

Maka penting bagi kita thuwailibul ilmu menyikapi para guru, asatidzah, teman kita dari ahlussunah wal jamaah yang tergelincir dalam kesalahan, karena mereka manusia bukan malaikat. Berikan nasehat secara baik, kalo bisa japri atau tabayyun.
Ustadz rifqi hidayat