Rabu, 31 Januari 2024

Jamuan Allah

Jamuan Allah

Saya masih ingat betul dengan kejadian ini di waktu muda. Diajak mukhayyam oleh guru Tahfizh kami ke sekitaran Kampung Sampireun Garut. Disuruh muraja'ah hafalan 10 Juz dalam semalam, dan sifatnya wajib bagi kami waktu itu. Mau tidak mau dilakukan juga oleh kami.

Juz demi juz dilewati tanpa terasa, baik dalam shalat maupun di luar shalat. Konsekuensinya adalah tidur hanya bisa 1-2 jam saja maksimal, karena mengejar target selesai sebelum Shubuh. Alhamdulillah Allah mudahkan al-Faqir dan beberapa kawan menyelesaikannya.

Bakda Shubuh kami dievaluasi. Siapa yang tidak selesai maka ada 'iqabnya. 'Iqabnya menyelesaikan sebelum dhuha dan tak boleh sarapan dulu sebelum selesai.

Antum tahu apa yang kami rasakan setelah melewati malam yang panjang bersama 10 Juz Al Quran itu?

Ya. Pagi hari jiwa ini terasa sangan ringan. Bak melayang tanpa beban kehidupan sama sekali. Semua BEBAN HIDUP seakan hilang menguap di udara. Terasa sejuk dan damai hati ini. Bak berada di musim semi yang penuh dengan bebunga. Ditambah lagi suasana alam yang sangat indah. Menambah suasana semakin syahdu. Syukur terus terucap. Belum pernah merasakan sensasi seajib itu sebelumnya. Wallahi, ketika diajak naik ke Puncak Darajat dengan kondisi hati demikian, laiknya naik ke negeri berawan tanpa kepenatan.

Benarlah bahwa Al Quran ini adalah JAMUAN DARI ALLAH 'Azza wa Jalla. Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu mengatakan,

"فعليكم بهذا القرآن، فإنه مأدبة الله، فمن استطاع منكم أن يأخذ من مأدبة الله فليفعل، فإنما العلم بالتعلم"

"Wajib bagi kalian menjaga Al Quran ini! Karena ia JAMUAN-nya Allah. Sesiapa yang mampu mengambil Jamuan-Nya maka lakukan! Maka hanyalah ilmu itu dengan belajar!". [Al-Bazzār, Shahih Mauqūf pada Ibnu Mas'ūd radhiyallahu 'anhu]

Na'am, jamuan Allah tentu lebih lezat dari dunia dan seisinya...

—Abu Hazim Mochamad Teguh Azhar, MA.—

==============================
Pict:
Pagi hari di Ma'had Daar El 'Ilmi

==============================
Info Kajian, Daurah, Pendaftaran Santri Mukim, Pendaftaran Santri Madrasah Tahfizh dan Dirasah Islamiyah (MTDI), Bimbingan Tahsin Tilawah Al-Quran, dll:
https://wa.me/6281221481782

Baarakallahu fiikum