Senin, 22 Januari 2024

Alhamdulillah hasil pertemuan Lajnah Dakwah Medan dengan ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan hafidzahullah, dosen senior STDI Jember Jatim, yg di rangkum oleh ust Joko Abul Aliyah Murid Senior beliau :

Alhamdulillah hasil pertemuan Lajnah Dakwah Medan dengan ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan hafidzahullah, dosen senior STDI Jember Jatim, yg di rangkum oleh ust Joko Abul Aliyah Murid Senior beliau :

بسم الله الرحمن الرحيم.
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات. 
والصلاة والسلام على رسوله الذي جاء بالهدى والبينات
وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى الممات. 
أما بعد:

Dengan penuh bahagia dan sukacita, saya rangkumkan beberapa faedah yang disampaikan oleh Al-Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan Lc, MA dalam pertemuan antara beliau dengan para da'i di Sumatera Utara dan sekitarnya yang tergabung dalam Lajnah Asatidzah Medan, diadakan di kantor Mesjid Al-Muwahhidin pada hari Selasa tgl 16 Januari 2024 sekitar pukul 08.00 s/d menjelang Zhuhur. 

1️⃣Beliau selalu mengingatkan kepada para da'i tentang keikhlasan dalam berdakwah dengan cara mengajak manusia kepada Allah, bukan kepada kepentingan pribadi, kelompok dan golongan dengan sembari membacakan firman Allah:

{قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ} [يوسف : 108]

_"Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kalian) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik"._
(QS. Yusuf: 108.) 

2️⃣Beliau merubah asumsi dan ungkapan tentang adanya pola komando dalam dakwah yang diarahkan kepada para asatidzah senior di Medan, dengan ungkapan adanya koordinasi dalam dakwah. Dan beliau menekankan pemberlakuan pola koordinasi dalam dakwah bukan pola komando. 

3️⃣Beliau mewanti-wanti adanya pola komando dan hizbiyyah terselubung dengan indikator berupa selalu mengembalikan kebijakan secara terpusat pada satu atau beberapa orang.

4️⃣Beliau bersedia untuk mengadakan pertemuan dengan para da'i di Medan saat beliau berkunjung ke Medan. 

5️⃣Beliau juga bersedia untuk mengadakan kajian yang diminta oleh Lajnah Dakwah dengan cara berkoordinasi dengan tim beliau. Diantaranya Pak Rahmat. 

6️⃣Beliau berpesan kepada para asatidzah di Medan agar memberi nasehat kepada para panitia kajian yang membuka donasi umat secara tidak amanah dengan mengarahkan donasi tersebut untuk kepentingan yayasan keluarga atau perusahaan pribadi. Jika ia tidak mengindahkan nasehat tersebut maka para asatidzah diminta untuk tidak bergabung dengannya yang bisa memberikan dukungannya atas penyelewengan tersebut.

7️⃣Beliau berpesan agar fokus kepada kaderisasi dengan membangun lembaga pendidikan tinggi untuk melanjutkan estafet dakwah di masa mendatang sekaligus memenuhi tuntutan dakwah di wilayah pelosok terjauh.

8️⃣Beliau berharap adanya dana yang dialokasikan untuk kegiatan dakwah di luar daerah dari donasi yang didapatkan Rosyad TV dan lewat kajian tabligh akbar yang diisi oleh para da'i dari luar kota, sehingga panitia kajian di luar daerah tidak terbebani dengan biaya akomodasi Ustadz yang diundang. 

9️⃣Beliau berharap Lajnah Dakwah lebih fleksibel dalam merespon kegiatan panitia kajian di luar Lajnah selama yang dihadirkan adalah para ustadz yang jelas manhajnya dengan tetap melakukan koordinasi yang baik agar tidak terjadi benturan waktu kajian. Ini berguna untuk menghindari terjadinya sikap hizbiyyah yang terselubung.

🔟Beliau menekankan kepada para da'i untuk menjunjung tinggi etika dan akhlak yang mulia dalam berdakwah, baik dalam berinteraksi antar sesama da'i, yang senior kepada junior dan sebaliknya, atau berinteraksi antara da'i dengan mad'uu.

📝Beliau berpesan agar para Ustadz tidak terlalu sering melakukan perjalanan umroh karena berdampak pada jadwal kajian rutin ataupun dakwah di masyarakat.
Lebih-lebih para Ustadz yang memiliki jadwal mengajar di sebuah lembaga pendidikan atau berkecimpung di dunia pendidikan.

---

SEMOGA BERMANFAAT.

MBS~

NOTE: resume ini sudah melalu editing berulang² bersama dengan Ustadz Nur Ihsan dan sudah disetujui bersama, dan boleh di share setelah bbrp hari berproses, walhamdulillah.
Ustadz bagus wijanarko