Senin, 22 Januari 2024

Kita tetep wajib minta petunjuk sama Allah walaupun keilmuan sudah tinggi. Gak ada yang jamin orang pinter gak bakal tersesat

Kita tetep wajib minta petunjuk sama Allah walaupun keilmuan sudah tinggi. Gak ada yang jamin orang pinter gak bakal tersesat.

Syaikh Abdurrazaq Al Badr hafizhahullah mengatakan, "Karenanya kadang engkau dapati orang berakal namun tersesat. Akalnya cerdas namun tersesat & menyimpang. Hal ini karena orang yang menyeru pada kebatilan, menghias-hiasinya dan membiasakan diri melakukannya". (Silsilah Syarah Rasail 1/68)

Beliau juga mengatakan sebelumnya:
Karenanya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah banyak berpesan untuk berdoa dengan doa:
اللَّهُمَّ رَبَّ جَبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْب وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنْ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

"Yang artinya: Ya Allah Tuhan Jibril, Mikail, dan Israfil. Maha Pencipta langit dan bumi, Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Engkaulah hakim di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang mereka perselisihkan, tunjukilah aku jalan keluar yang benar dari perselisihan mereka, sesungguhnya Engkau Maha pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus, bagi siapa yang Engkau kehendaki).” (HR Abu Daud, Tirmidzi & Nasai, dihasankan Al Albani).
===
Kenapa doa tersebut menyebut Allah sebagai Tuhannya Jibril, Mikail & Israfil? Cek jawabannya di kolom komentar.
Ibnu Abil 'Izz Al Hanafi rahimahullah menjelaskan, kenapa disebut nama Jibril, Mikail & Israfil pada doa tersebut. Karena doa tersebut adalah doa meminta hidayah/petunjuk. Hidayah atau petunjuk inilah yang menjadi sebab hidupnya hati.

Nah, ke-3 malaikat ini adalah malaikat yang Allah tugaskan untuk mengawal kehidupan. Jibril bertugas membawa Wahyu, yang merupakan sebab hidupnya hati. Mikail bertugas mengatur cuaca yg menjadi sebab hidupnya bumi, hewan & manusia. Israfil bertugas meniup sangkakala yang menjadi sebab hidupnya kembali orang-orang yang sudah wafat untuk dibangkitkan menuju Padang Mahsyar. (Silsilah Syarah Rasail 1/68)
Ustadz amrullah akhadinta