Jumat, 01 Desember 2023

PERSIAPKANLAH DARI KEKUATAN YANG KALIAN MILIKI!!!

PERSIAPKANLAH DARI KEKUATAN YANG KALIAN MILIKI!!!

Oleh: Al-Allamah Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu dengan Syarah/penjelasan dari Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari rahimahullahu 

✅ Al-Allamah Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu berkata: Kaum muslimin jika bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan dalam berjihad melawan musuh-musuh dan mereka bertakwa kepada Allah, di antaranya dengan mempersiapkan apa saja yang dimampui baik dari sisi kekuatan raga, harta, pertanian, persenjataan dan lain sebaginya, maka mereka akan ditolong oleh Allah atas musuh-musuh mereka. Dan ini semuanya bagian dari ketakwaan kepada Allah...ini semuanya termasuk di dalam firman Allah:

وأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُم مِن قُوَّة 

"Persiapkanlah dari kekuatan yang kalian miliki untuk menghadapi mereka."
(QS. Al-Anfal: 60)

Dan hal ini tidak sempurna melainkan dengan kesabaran....harus bersabar dalam mempersiapkan persenjataan yang dimampui yang SEBANDING dengan persenjataan musuh atau lebih di atasnya sesuai kemampuan.

▶️ Syaikh Ali bin Hasan Al Halabi Al-Atsari rahimahullahu berkata: Disyaratkannya kesamaan dalam kekuatan (sebanding dengan kekuatan/persenjataan musuh) sesuai kemampuan sangat penting sekali. Hal ini banyak tidak dipahami oleh kebanyakan orang-orang yang hanya bermodal semangat yang berapi-api dan yang hanya bermodal perasaan yang bergejolak. Dimanakah mereka -semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka- dari arahan para imam-imam kaum muslimin dan para fuqaha' umat ini?!

(Diringkas dari kitab Al-Udwan Al-Ghasyim 'Ala Ghaza Hasyim hal. 109-111 oleh Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari rahimahullahu)