Senin, 25 Desember 2023

SIAPA YANG DISERUPAKAN?Yang diserupakan dengan nabi Isa (Yesus) alaihissalam ada 3 versi:

SIAPA YANG DISERUPAKAN?

Yang diserupakan dengan nabi Isa (Yesus) alaihissalam ada 3 versi:

1. Salah satu prajurit Romawi yang jahat, ketika dia masuk ke ruangan, maka Nabi Isa diangkat dan prajurit itu diserupakan dg nabi Isa, ia berkata: mana Yesus? Maka prajurit² romawi berkata-kata: bukankah kamu Yesus? Maka dia ditangkap, diseret, disalib lalu dibunuh. 

2. Murid Yesus yang berkhianat Yahudza al-iskhoryuthi (Yudas Iskariot) ia mendatangi pasukan Romawi dan membocorkan tempat persembunyian Yesus, dia datng ke ruangan persembunyian dg pasukan Romawi, sesampainya di ruangan itu Allah serupakan Yudas dg Yesus, sehingga dia ditangkap, disalib dan dibunuh. 

3. Murid Yesus yg setia, Yesus berkata: siapakah di antara kalian yang rela diserupakan wajahnya dgnku, maka dia bersamaku di surga, maka murid Yesus yg paling muda bersedia. Maka ketika Yesus diangkat datanglah pasukan Romawi dan menganggap murid Yesus yang diserupakan lalu menyalib dan membunuhnya. 

Al-Qur'an tidak menyebut namanya, tapi dg pasti al-Qur'an mengabarkan bhwa yg disalib adalah orang yg DISERUPAKAN (QS. An-Nisa: 157), cukup bagi kita mengimani apa yg diwartakan oleh al-Qur'an, tidak mengetahui nama orang yg disalib tidak memadharatkan aqidah muslim.

Lihat kitab: fabihudaahumuqtadih karya Syaikh Utsman al-Khamis sub judul : nabi Isa alayhissalam.
Ustadz Dr fadlan fahamsyah