Jumat, 22 Desember 2023

Aku tidak akan pernah bosan belajarImam Al Qaffal memulai menuntut ilmu di usia 40 tahun

Aku tidak akan pernah bosan belajar

Imam Al Qaffal memulai menuntut ilmu di usia 40 tahun. Mungkin karena melihat dirinya sudah tua, muncul keraguan pada dirinya “ bagaimana aku akan belajar? Dan kapan aku akan menghafal? Kapan aku akan paham? Kapan aku akan mengajari manusia? ”

Ia memutuskan untuk pulang. Di tengah perjalanan ia melewati seseorang yang memberi minum sapi. Sapi ini diikat pada sebuah batu yang sangat keras. tali ini menghancurkan batu karena seringnya ia bergesek. Lantas ia berkata, 

“ aku akan belajar dan aku tidak akan pernah bosan dari belajar. ”

Kemudian ia melantunkan syair, 

Belajarlah, dan jangan pernah bosan belajar
Karena penyakit pelajar itu adalah bosan
Tidakkah engkau melihat bagaimana tali yang tertambat pada batu, dapat memberikan pengaruh ( membuat batu hancur) 

Ia pun melanjutkan belajar, dan menjadi lah ia seorang imam dari  para imam imam besar
_______________

Berapa usiamu? Jangan pernah bosan belajar. Urusan bisa atau tidak , itu urusan Allah. tidak masalah kita tidak bisa selama kita tidak berhenti untuk terus belajar dan menghafal. 

å Zakariya Rizky Abu Zakiyyah