Selasa, 26 Desember 2023

Dan ini yg dikatakan Syekh Utsaimin jika terjadi perbedaan pendapat, pilih ulama yg lebih kuat keilmuannya.

 Dan ini yg dikatakan Syekh Utsaimin jika terjadi perbedaan pendapat, pilih ulama yg lebih kuat keilmuannya. 

Berkata Syeikh Utsaimin rahimahullah :

وإذا اختلف العلماء عليه في الفتيا ، أو فيما يسمع من مواعظهم ونصائحهم – مثلاً - ، فإنه يتبع مَن يراه إلى الحق أقرب في علمه ودينه . 

فإن تساوى عنده الرجلان في العلم والدين : 

فقال بعض العلماء : يتبع الأحوط وهو الأشد . 

وقيل : يتبع الأيسر . 

وهذا هو الصحيح ؛ أنه إذا تعادلت الفتيا عندك فإنك تتبع الأيسر ؛ لأن دين الله عز وجل مبني على اليسر والسهولة ، لا على الشدة ، وقد قالت عائشة رضي الله عنها في وصف النبي صلى الله عليه وسلم : ( إنه ما خير بين أمرين إلا اختار أيسرهما ما لم يكن إثماً ) " انتهى .

Jika para ulama berbeda pendapat di hadapannya dalam suatu fatwa, atau berdasarkan apa yang dia dengar dari nasehat dan ceramah mereka, maka hendaknya dia mengikuti ulama yang menurut dia LEBIH KUAT ILMU dan AGAMANYA. Jika menurutnya keduanya sama-sama kedudukannya dalam hal ilmu dan agama, maka sebagian ulama berpendapat hendaknya dia pilih YANG LEBIH HATI-HATI, atau yang paling berat. Ada juga yang berpendapat, hendaknya dia memilih YANG LEBIH RINGAN (MUDAH). Pendapat ini yang benar, karena jika fatwa-fatwa yang ada kedudukannya seimbang di hadapan anda, maka anda dapat memilih YANG LEBIH RINGAN, karena agama Alah Azza wa Jalla dibangun berdasarkan kemudahan, bukan berdasarkan kesulitan. Aisyah radhiallahu anha berkata saat menjelaskan sifat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Sungguhnya beliau, jika berada dalam dua perkara yang dipilih, niscaya akan memilih yang paling ringan. Selama tidak berdosa.” (Liqoat Al-Bab Al-Maftuh).