Kamis, 14 Desember 2023

Pegawai Loyal

Pegawai Loyal

Loyal yang dimaksud di sini adalah bekerja sepenuh hati dan jiwa, bahkan di luar jobnya dan memberikan  hak-haknya demi kebaikan tempat kerjanya/ lembaganya. Seakan ia merasa memiliki lembaganya, maka wajar jika seseorang memberikan yang terbaik karena 'miliknya'.

Ada beberapa faktor pegawai itu loyal. Di antaranya adalah pegawai yang mengharapkan ridho Allah Ta'ala.

Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda:

 إِنّ اللَّهَ تَعَالى يُحِبّ إِذَا عَمِلَ أَحَدُكُمْ عَمَلاً أَنْ يُتْقِنَهُ (رواه الطبرني والبيهقي)

“Sesungguhnya Allah Ta'ala mencintai seseorang yang apabila ia bekerja, ia mengerjakannya secara sempurna (profesional)”.
(HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334)

Namun tidak mudah mendapatkan pegawai loyal seperti di atas. Barangkali satu banding sepuluh.

Faktor berikutnya, loyal by design yaitu keloyalan yang sengaja diciptakan atau diharapkan bisa menjadikan pegawai loyal.

Kalau kata ust. Ibnu, "Ingin pegawai loyal, ma'had juga harus loyal."

Nah, di obrolan dauroh kemarin, beliau menceritakan bagaimana beliau mendesain agar pegawai itu loyal bekerja di HASPI.

Beliau memprioritaskan rekruitmen pegawai adalah suami-istri. Misal, istrinya bekerja di dapur, suaminya berkerja bersih-bersih. Suaminya mengajar, istrinya TU admin ma'had, dst.

Orang bekerja itu kan tujuannya uang. Setelah dapat uang untuk makan, tempat tinggal dan kebutuhan anak (di antaranya pendidikan). Dan kurang lebih berputar di situ.

Jika ma'had menyediakan tempat tinggal, makan diberi, tidak mikir listrik, anak sekolah di ma'had tersebut gratis, maka tidak ada kebutuhan pokok yang dipikirkan lagi sehingga bisa fokus bekerja, bahkan ma'had menjadi rumah sendiri yang dengan senang hati dirawat dan dijaga. Dan benefitnya lainnya, pembicaraan suami-istri ketika sampai ke tempat tinggal tidak jauh-jauh dari ma'had karena keduanya bekerja di ma'had, kemudian kalau diajak rapat kapan aja fleksibel, bisa.

Kesimpulannya, loyal pegawai itu bisa diciptakan jika ia diberi 'kecukupan', kenyamanan dan keamanan.

Follow IG kami @dars.jai

✍️Ust Junaidi Abu Isa حفظه الله تعالى