Kamis, 28 Desember 2023

MENGOBATI HASAD ANTARA DU'AT DAN PENUNTUT ILMU

MENGOBATI HASAD ANTARA DU'AT DAN PENUNTUT ILMU

Penanya : "Apa nasihat antum berkaitan dengan sikap saling dengki yang menimpa sebagian du'at dan penuntut ilmu?"

Jawaban :
Berkaitan dengan hal ini maka yang perlu diperhatikan,
1. Kita harus mengetahui bahwa kita adalah manusia, ada rasa saling mencintai dan terkadang kebencian. Hendaknya bagi kita senantiasa membersihkan hati kita.

2. Jika anda melihat seorang Syaikh (baca : ustadz / du'at) menceritakan tentang Syaikh lainnya, maka hendaknya cerita atau perkataan tentang seseorang yang dibicarakan tersebut tidak disebarkan. Sebagaimana dikatakan di dalam kaedah,

كلام الأقران يطوى ولا يروى

"Perkataan orang-orang yang selevel harusnya disembunyikan, bukan disebarkan".

Namun kita dapati justru sekarang sebagian penuntut ilmu menjadi sebab perpecahan antara para du'at. Mereka menceritakan apa yang mereka dengar tentang seseorang dari orang lain kepada orang yang diceritakan.

3. Jangan anda membawa perselisihan urusan pribadi (dunia) kepada urusan agama sehingga yang tampak adalah perselisihan aqidah dan manhaj, dengan mencari kekurangan seseorang dalam beragama. Jangan anda bawa masalah pribadi anda dengan orang lain lalu mengatakan bahwa Fulan memiliki permasalahan aqidah dan manhaj !

Syaikh Prof. Dr. Baasim bin Faishal al-Jawaabirah حفظه اللّه dalam Liqo' Maftuh pada Rabu malam, 14-6-1445 H / 27-12-2023

----
Kami katakan : Bahwa Syaikh hafidzahullah melihat dengan jeli -baarakallahu fiihi- tentang  yang muncul pada poin 2 dan 3 terkadang sebab yang mendasarinya adalah  hasad. Semoga Allah membersihkan hati kita dari dosa yang pertama kali terjadi di langit dan di bumi yaitu hasad. Aamiin.

Akhukum Noviyardi Amarullah