Selasa, 09 Januari 2024

Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Barakah (keberkahan) itu ada pada ubun-ubun kuda” (HR. Bukhari, Muslim)

Sesi tanya jawab Daurah Syar'iyyah Pertemuan Ke 5
Bersama Fadhilatus Syaikh Prof. DR. Ibrahim bin Amir Ar Ruhaili Hafidzahullah.
=====
Penanya:
Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Barakah (keberkahan) itu ada pada ubun-ubun kuda” (HR. Bukhari, Muslim) 
Apakah konteks barakah dalam hadis diatas adalah seperti dalam ayat : "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya." (QS. Al Anfal, 60)
Atau 
Konteks barakahnya kuda disini adalah dengan menyentuh/mengelus badan kuda itu sendiri?
Syaikh Menjawab:
"Yang dimaksud dengan barakah disini adalah bukan dengan menyentuh/mengelus badan kuda tetapi maksudnya adalah terdapat barakah pada ubun-ubun nya yang dipergunakan dan dipersiapkan untuk jihad.
Dalam dalil juga disebutkan bahwa nanti di akhir zaman kaum muslimin akan berjihad menggunakan kuda.
Oleh karenanya kita jangan sampai tertipu dengan maraknya modernitas alutsista di zaman ini karena di akhir zaman nanti alutsista tersebut akan rusak/mati dan banyak dalil menyebutkan bahwa jihad di akhir zaman nanti akan menggunakan pedang, kuda dan anak panah.
======
Walhamdulillah, Pondok Pesantren Imam Bukhari di kesempatan Daurah Syar'iyyah ke 8 ini memfasilitasi peserta daurah dengan banyak macam olahraga di sela-sela daurah, diantaranya:
- Berkuda
- Panahan
- Berenang
- Badminton
- Tenis Meja
- Basketball
- Futsal 

Semoga Allah memberikan barakah kepada ma'had atas semua usaha, tenaga, pikiran, dan harta yang dikeluarkan untuk peserta daurah.
Ustadz ali yahya